Lidah Buaya, Bahan Alami untuk Atasi Gangguan Pencernaan, Maag, dan Tukak Lambung
berita

04 December 2019 16:30
Watyutink.com – Sakit maag adalah salah satu gangguan pencernaan yang kerap dialami orang Indonesia. Data dari beberapa Pusat Endoskopi di Indonesia menyebutkan ada sekitar 7.000 kasus sakit maag yang telah dilakukan endoskopi. Lebih dari 85 persen sudah masuk dalam tahap dispepsia fungsional, yakni sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

Selama ini orang yang menderita sakit maag menggantungkan diri pada obat-obatan kimia. Padahal ada bahan alami yang bisa digunakan mengobati sakit maag. Bahan tersebut adalah lidah buaya atau aloe vera.

Tahukah Anda, apa manfaat lidah buaya untuk mengatasi sakit maag?

Sakit maag atau dispepsia adalah gangguan kesehatan berupa sakit, nyeri, atau panas di lambung. Maag bisa menyerang akibat beberapa hal, diantaranya adanya luka terbuka pada lapisan lambung atau tukak lambung. Selain itu maag juga disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.

Sakit maag juga bisa disebabkan kebiasaan makan terlalu banyak dan cepat. Mengonsumsi makanan pedas dan berlemak juga bisa memicu sakit maag. Selain itu panyakit darang pangkreas dan usus tersumbat juga bisa menjadi penyebab maag.

Sakit maag ada yang hanya bersifat ringan, tapi dalam kondisi parah mau tidak mau harus berkonsultasi dengan dokter guna mendapat penanganan lebih lanjut. Sakit maag biasanya ditandai dengan gejala muntah, nyeri ulu hati, sulit menelan, dan berat badang turun tanpa sebab. Sakit maag seringkali juga menjadi lebih parah saat disertai stres.

Sakit maag yang masih dalam tahap ringan bisa disembuhkan di rumah. Caranya bisa dengan mengonsumsi obat-obatan yang banyak di jual di pasaran. Namun penggunaan bahan herbal atau alami lebih disarankan. Pasalnya bahan alami dirasa lebih aman lantaran bebas bahan kimia. Salah satunya adalah lidah buaya atau aloe vera.

Lidah buaya diketahui mengandung zat seperti aloin, aloin-emodin, resin, tanin, dan polisakarida. Selain itu daging lidah buaya yang berasa pahit juga mengandung 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang berguna bagi kesehatan, seperti asam amino, metionin, treonin, serin, dan molibdenum yang bisa mengurangi efek antimikroba pada tubuh. Hal ini sangat baik untk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu lidah buaya juga bisa mengatasi tukak lambung yang disebabkan asam, alkohol, aspirin, dan obat lain.

Journal of the American Osteopathic Society menjelaskan kemampuan lidah buaya menyembuhkan sakit maag disebabkan kemampuannya merangsang pelepasan pepsin atau enzim lambung yang meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaatnya cukup mudah. Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures mengatakan lidah buaya bisa diolah menjadi jus. Selanjutnya diminum seperempat cangkir tiga kali sehari hingga sakit maag sembuh.

Namun James mengingatkan, lidah buaya tidak boleh dikonsumsi wanita hamil, menstruasi, atau yang meminum pil KB. Pasanya dalam jangka panjang dapat menyebabkan deplesi elektrolit.

Tapi ia juga mengingatkan bahwa wanita hamil, menstruasi, minum pil KB dan menyusui sebaiknya menghindari mengonsumsi lidah buaya. Jus lidah buaya juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena dapat menyebabkan deplesi elektrolit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)