Lawan Bahaya Rokok dengan Jus Tomat, Apel dan Jeruk
berita

04 October 2020 16:50
Watyutink.com - Bahaya rokok bagi kesehatan sudah banyak diketahui. Para ahli kesehatan sudah seringkali menjelaskan bahaya kebiasaan menghisap asap dari daun tembakau itu. Bahkan di bungkus atau kemasan rokok sudah terdapat peringatan bahaya merokok.

Namun peringatan itu tidak banyak berpengruh. Para perokok tidak lantas menghentikan kebiasaannya. Mereka merasa rokok tidak menganggu kesehatan. Padahal sejatinya tubuh seorang perokol sedang mengalami perusakan secara perlahan.

Itulah sebabnya kebiasaan merokok harus dilawan. Salah satunya dengan melawan efek buruk rokok untuk kesehatan.

Tahukah Anda, bagaimana melawan efek buruk rokok?

Pada dasarnya rokok adalah berbabaya. Pasalnya bahan baku utama rokok adalah  tembakau yang mengandung beberapa zat racun. Salah satunya adalah nikotin. 

Zat racun ini berbahan dasar atom nitrogen. Paparan racun nikotin dalam tubuh bisa memperbesar resiko serangan jantung. Pasalnya nikotin dapat menyebabkan pembuluh arteri mengeras. Akibatnya terjadi penumpukan lemak pada pembuluh arteri jantung.

Para ahli menyebut, nikotin bisa menyebar ke seluruh tubuh hanya dalam waktu tujuh detik. Termasukmke jantung, salah satu organ paling penting dalam tubuh. Itulah sebabnya cara terbaik untuk menghindari bahaya nikotin adalah berhenti merokok.

Harus diakui berhenti merokok bukan hal mudah, terutama bagi perokok berat. Itulah sebabnya perokok sebaiknya melakukan langkah pencegahan sembari berusaha lepas dari jeratan rokok. Salah satunya dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, seperti tomat.

Buah berwarna merah segar ini diketahui kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Tomat juga mengandung vitamin K yang berguna menjaga kelancaran proses pembekuan darah. Selain itu tomat mengandung potasium yang berguna mengontrol tekanan darah. Sedangkan kandungan asam folat mampu mengatur proses pembentukan dan regenerasi sel.

Penelitian yang dilakukan The Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menyebutkan, kinerja paru-paru perokok atau mantan perokok bisa membaik dengan rajin makan tomat. Kinerja paru-paru yang menurun akibat rokok bisa diperbaiki dengam rutin mengonsumsi tomat.

Buah berikutnya yang berguna bagi perokok adalah jeruk dan apel. Kandungan vitamin C dalam jeruk diyakini mampu membersihkan paru-paru dari nikotin hingga 70 persen. Itulah sebabnya mengonsumsi jeruk juga bisa menjadi solusi bagi perokok untuk tetap sehat. Sedangkan apel diyakini juga mampu membersihkan paru-paru dari efek buruk racun nikotin.

Akun instagram Kajian Kesehatan Islam, yang salah satunya diasuh oleh pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar berbagai resep membuat minuman melawan rokok. Bahan yang digunakan adalah masing-masing satu buah tomat dan apel serta tiga buah jeruk.

Cuci tomat dan apel dengan air sampai bersih lalu potong kecil-kecil. Peras jeruk dan ambil airnya. Blender semua bahan dengan dengan es batu. Setelah halus, tambahkan madu. Minum ramuan tersebut secara rutin untuk menjaga paru-paru tetap sehat.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF