Kutil Bisa Sebabkan Gatal dan Rusak Penampilan, Hilangkan dengan Cuka Apel dan Bawang Putih 
berita
Kutil
09 December 2020 16:30
Watyutink.com - Salah satu gangguan pada kulit yang banyak dikeluhkan adalah kutil. Tonjolan atau benjolan kecil di beberapa bagian tubuh ini membuat tidak nyaman. Terutama mengganggu penampilan. 

Sungguh tidak nyaman, terutama bagi orang yang sering bertemu dengan orang lain, ada benjolan di tangan, lengan atau bahkan wajah. Terlebih dalam beberapa kondisi, kutil juga disertai rasa gatal. 

Itulah sebabnya, setiap orang selalu berusaha menghilangkan kutil dari kulitnya.  

Tahukah Anda, apakah penyebab kutil dan bagaimana cara mengobatinya?

Kutil adalah infeksi pada permukaan kulit. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil berwarna pucat kecokelatan dan bertekstur kasar. Para ahli kesehatan menyebut kutil muncul disebabkan infeksi human papiloma virus (HPV). Virus ini muncul akibat tubuh memproduksi keratin lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh.

Keratin diketahui adalah protein penyusun rambut dan kuku. Kelebihan keratin inilah yang nantinya menumpuk di permukaan kulit, membantuk tekstur kasar yang disebut kutil atau sebaian orang menyebutnya caplak.

Virus HPV penyebab kutil bisa menular dengan mudah melalui sentuhan langsung dengan penderita. Penularan juga bisa terjadi lantaran menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus HPV. Namun penularan ini lebih banyak dipengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh  manusia. Jika kekebalan tubuh seseorang kuat, ia bisa terbebas dari kutil meski bersentuhan dengan penderita. Sebaliknya jika sistem imun seseorang sedang lemah maka dengan mudah kutil akan menyerang.  

Meski bisa menyerang segala usia, kutil umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Pasalnya anak-anak dan remaja sistem imunnya masih belum terlalu kuat. Kutil seringkali muncul di sekitar kuku, telapak dan jari-jari tangan, siku, dan kaki. Sebagian besar kutil berbentul bulat dan memiliki permukaan kasar. Namun ada pula yang berbentuk memanjang dan tipis. Diameter kutil biasanya antara 0,1 hingga satu sentimeter.

Para ahli kesehatan menyebut kutil bisa sembuh dengan sendirinya. Meski demikian hal itu memerlukan waktu yang cukup lama. Itulah sebabnya pengobatan tetap diperlukan. Terlebih jika sudah menimbulkan rasa gatal, sakit, dan menyebabkan pendarahan.

Pengobatan kutil bisa dilakukan dengan mengoleskan salep atau obat yang mengandung asam salisilat yang bisa dibeli secara bebas. Namun obat-obatan tersebut seringkali tidak murah harganya. Sehingga penggunaan obat alami atau herbal bisa menjadi pilihan. 

Ada berbagai macam bahan alami yang bisa digunakan untuk mengilangkan kutil, salah satunya adalah cuka apel yang diketahui mengandung asam salisilat. Senyawa ini diyakini dapat membantu pengelupasan kulit yang terinfeksi virus. Cuka apel juga memiliki zat antimikroba yang dapat membantu melawan HPV.

Cara menghilangkan kutil dengan cuka apel cukup mudah. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan dua banding satu. Ambil larutan tersebut dengan kapas. Lalu letakkan kapas lembab itu di atas kutil. Tutup dengan perban dan biarkan selama setidaknya tiga jam.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagi obat untuk mengatasi kutil. Bawang putih diketahui memiliki kandungan allicin yang terbukti bisa menghilangkan kutil secara alami. 

Caranya, haluskan satu siung bawang putih campur dengan sedikit air. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang ditumbuhi kutil lalu tutup dengan perban. Ulangi setiap hari selama minimal tiga pekan. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

A.S. Laksana

Sastrawan, pengarang, kritikus sastra dan wartawan