Kunyit Putih, Rempah Langka yang Ampuh Cegah Kanker, Rematik, Alergi dan Masalah Pencernaan
berita
Kunyit Putih
18 November 2020 06:00
Watyutink.com - Kegunaan kunyit untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan zat curcumin dalam kunyit disebut-sebut sebagai "nutrisi ajaib" yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Namun, selama ini orang hanya mengenal kunyit oranye. Padahal ada banyak jenis kunyit, salah satunya adalah kunyit putih. Meski punya kandungan yang berbeda, khasiat kunyit putih tidak kalah dengan kunyit oranye.

Tahukah Anda apa saja manfaat kunyit putih?

Kunyit putih berasal dari Asia, seperti India dan Indonesia. Namun saat ini kunyit putih sudah dibudidayakan di berbagai negara, seperti Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand. Termasuk negara Eropa dan Amerika.

Kunyit putih mempunyai nama latin curcuma zedoria. Semua bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Akar, daun, dan minyak kunyit putih bisa digunakan menjadi obat.

Dibanding kunyit oranye, kunyit putih memiliki daging yang lebih lunak. Rasanya juga sangat mirip dengan jahe. Namun kunyit putih kerap meninggalkan rasa pahit. Itulah sebabnya kunyit putih jarang digunakan menjadi bumbu dapur. Fungsinya kerap diganti dengan jahe. Namun di beberapa negara, kunyit putih digunakan sebagai campuran salad.

Kunyit putih mengandung minyak esensial, pati, dan curcumin. Minyak esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Itulah sebabnya kunyit putih banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, salah satunya sebagai antimikroba dan antijamur.

Penelitian membuktikan ekstrak kunyit putih mampu melawan beberapa spesies bakteri, seperti E-coli penyebab gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan. Kunyit putih juga mampu melawan bakteri Staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Ekstrak kunyit putih juga dapat melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus. Kunyit putih juga dapat mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut. Khasiat kunyit putih  setara produk obat kumur di pasaran.

Kunyit putih juga bermanfaat untuk obat alergi alami. Hal ini lantaran kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai antialergi, terutama di kulit. Kunyit putih bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

Kunyit putih juga memiliki fungsi sebagai antikanker. Pasalnya rempah ini dapat menghambat metastasis atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ tubuh lain. 

Sedangkan bagi pencernaan kuyit putih bermanfaat menjaga kesehatan organ tubuh yang sangat penting itu. Kunyit putih bermanfaat dalam pengobatan kolik atau nyeri perut dan kejang otot. Selain itu kunyit putih berguna mengatasi penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, susah buang air besar, dan lidah yang terasa pahit. Kunyit putih juga berguna mencegah peradangan usus atau ulcerative colitis.

Kunyit putih juga bisa menjadi obat penghilang rasa sakit. Pasalnya kunyit putih mengandung senyawa alami yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Bahkan sifat analgesik yang dimiliki rempah ini lebih baik dibanding aspirin.  

Kunyit putih juga mengandung senyawa alami yang dapat menghilangkan rasa sakit. Kunyit putih juga berguna melindungi paru-paru pasien asma. Selain itu juga mengurangi risiko peradangan di bronkus yang menyebabkan penyempitan saluran udara.

Manfaat kunyit lainnya adalah sebagai antiperadangan, berkat kandungan diuretiknya. Oleh karena itu, rempah ini dipercaya mampu mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis. Sifat diuretik zedoary juga berguna membuang zat beracun tubuh dan cairan berlebih, terutama pada persendian.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF