Kulit Pisang Ternyata Banyak Manfaatnya, Sehatkan Pencernaan, Kulit, Gigi, Cegah Katarak dan Insomnia
berita

01 September 2020 15:12
Watyutink.com – Manfaat buah pisang bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya buah yang bisa dipetik tanpa menunggu musim ini mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya secara rutin mengonsumsi buah pisang sangat dianjurkan.

Ternyata manfaat untuk kesehatan bukan hanya diperoleh dari daging buahnya. Kulit pisang pun menyimpang segudang manfaat bagi kesehatan. Itulah sebabnya saat memakan pisang, sebaiknya kulitnya tidak dibuang begitu saja. Kulit pisang bisa diolah atau dimakan bersama buahnya.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit pisang untuk kesehatan?

Seperti juga buahnya, kulit pisang juga kaya akan kadungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain, serat, protein, folat, mangan, potasium, riboflavin, naisin, dan zat besi. Kulit pisang juga mengandung vitamin A, B6, B12 dan C.

Itulah sebabnya, kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah mengatasi masalah pencernaan. Kulit pisang diketahui kaya akan kandungan serat. Hal inilah yang membuatnya berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan. Rutin mengonsumsi kulit pisang bisa mencegah sembelit atau susah buang air besar.

Kulit pisang bisa dimakan langsung bersamaan dengan buahnya. Bisa juga dengan diblender dan dinikmati seperti jus. Jika tidak mungkin memakan seluruh kulitnya, bisa dengan mengupas bagian luar kulit dan memakan bagian dalamnya yang berwarna lebih putih.

Selain untuk pencernaan, kandungan serat dalam kulit pisang juga berguna untuk menurunkan kadar kolestero dalam tubuh. Kandungan serat dalam kulit pisang bahkan lebih tinggi dibanding buahnya. Itulah sebabnya asupan serat dari kulit pisang sangat baik menjaga kesehatan jantung.

Serat dari kulit pisang dapat mengurangi penyerapan kolesterol  dalam darah. Serat juga bisa mencegah penyumbatan aliran darah akibat penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Selanjutnya kolesterol akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk limbah, seperti urine atau fases.

Kulit pisang juga bermanfaat mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga. Caranya sangat mudah, yakni dengan memijat benjolan atau bekas gigitan serangg dengan kulit pisang bagian dalam. Rasa dingin saat kulit tersentuh kulit pisang bagian dalam akan meredakan rasa gatal.

Kulit pisang juga berguna untuk memutihkan gigi. Pasalnya kulit pisang kaya akan kandungan potasium alami. Zat potasium diketahui banyak digunakan dalam produk pasta gigi yang banyak dijula di pasaran. Untuk mendapat manfaat dari kulit pisang caranya sangat mudah,  gosok gigi dengan kulit pisang bagian dalam. Lakukan rutin setiap hari selama dua pekan. Hasilnya, gigi akan terlihat lebih putih dan sehat.

Kulit pisang juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya kulit pisang kaya akan kandungan antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, termasuk yang menyerang kulit. Rutin menggosok kulit dengan kulit pisang akan mengurangi kerutan. Cara itu juga bisa diakukan di wajah. Biarkan selama sekitar 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih,

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya tumbuk kulit pisang sampai halus dan menjadi pasta. Campur dengan kuning telur aduk hingga tercampur secara merata. Oleskan pasta tersebut di wajah dan leher. Biarkan selama lima menit lalu cuci muka dengan air bersih.

Kulit pisang juga memiliki kandungan lutein dan antioksidan yang mampu melindungi mata dari paparan radiasi ultra violet akibat paparan sinar matahari. Asupan lutein juga berguna mengurangi risiko penyakit katarak dan degenerasi makula akibat pertambahan usia.

Mengonsumsi kulit pisang juga berguna bagi orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Pasalnya kulit pisang memiliki kandungan serotonin yang memberikan efek rileks atau santai. Akibatnya tubuh akan lebih mudah mengantuk dan tidak dengan kualitas yang baik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF