Kripik Kulit Kentang, Camilan Sehat Kaya Nutrisi, Baik untuk Kesehatan
berita
Keripik Kulit Kentang
08 August 2020 17:52
Watyutink.com - Selama ini kita menganggap kulit kentang sebagai sampah yang tidak berguna. Itulah sebabnya saat memasak menggunakan kentang, kulitnya akan dibuang begitu saja. 

Padahal anggapan itu salah. Pasalnya kulit kentang justru memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya kulit kentang jangan dibuang, melainkan diolah menjadi makanan sehat. 

Tahukah Anda, apa saja nutrisi dalam kulit kentang dan bagaimana mengolahnya? 

Kentang adalah bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai menu masakan. Dalam mengolahnya, kentang kerap harus dikupas atau dipisahkan dari kulitnya. Saat itu, kulit kentang akan dibuang begitu saja lantaran dianggap tak berguna. 

Padahal sejatinya kulit kentang kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Kandungan nutrisi tersebut antara lain adalah kalium. Mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, ginjal, oto, dan saraf. Asupan kalium sangat penting dan harus selalu dijaga. 

Kulit kentang juga kaya akan kandungan serat. Dalam sebutir kentang, kulitnya mengandung dua gram per ons serat. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga fungsi organ pencernaan. Kekurangan serat dipastikan memicu masalah pencernaan, sepeti sembelit atau susah buang air besar. 

Kulit kentang juga memiliki kandungan mangan yang penting untuk proses pengolahan karbohidrat, kolesterol, dan protein. Mengonsumsi kentang beserta kulitnya dapat memenuhi sepertiga kebutuhan mangan harian.

Mineral lain yang terdapat dalam kulit kentang adalah folat, zinc, dan zat besi. Folat bermanfaat untuk mengajaga kesehatan mata. Sedangkan zinc berguna untuk membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Sementara zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam darah. 

Selain mineral, kulit kentang juga menjadi sumber vitamin C yang penting untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Asupan vitamin C yang terjaga akan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. 

Untuk mendapatkan manfaat kulit kentang bisa dengan memakannya langsung bersama kentang. Namun jangan lupa mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. 

Kulit kentang juga bisa dijadikan keripik yang enak. Caranya, siapkan 200 gram kulit kentang mentah, cuci hingga bersih. Rendam dalam air hingga berubah bwarna. 

Siapkan pula dua sendok makan minyak goreng, masing-masing setengah sendok teh garam halus dan lada bubuk. 

Campur kulit kentang yang sudah direndam dengan garam dan lada bubuk. Taruh kulit kentang di atas loyang besar, tata dengan rapi satu per satu agar tidak menumpuk. 

Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 15 hingga 20 menit. Jangan lupa membalik kulit kentang saat sudah mencapai 10 menit dan terlihat kering. 

Setelah selesai dipanggang angkat dan biarkan menjadi kering dan dingin. Simpan dalam toples atau wadah tertutup agat tetap kering dan renyah saat dinikmati. Bisa juga dicocol dengan saus atau sambal. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF