Konsumsi Buah dan Sayur Ini, Asam Urat Sembuh Secara Alami
berita

20 February 2019 16:45
Watyutink.com - Bagi penderita asam urat, penyakit ini bisa terasa sangat mengganggu. Jika sedang kambuh bahkan penderitanya sampai tidak bisa berjalan. Persendian terasa sakit luar biasa, kadang disertai rasa nyeri dan panas.

Seringkali penderita asam urat mengandalkan obat-obatan kimia, seperti seperti ibuprofen atau naproxen sodium untuk mengatasinya. Dokter juga kerap meresepkan colchicine untuk menghilangkan rasa sakit akibat asam urat.

Tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa bahan herbal yang bisa mengatasi asam urat secara alami?

Beberapa buah-buahan diyakini dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Diantaranya adalah jeruk nipis dan ceri. Kadungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat menurunkan asam urat. Selain itu asam sitrat dalam jeruk nipis juga dapat membantu melarutka asam urat secara alami. Mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dua kali sehari diyakini dapat membantu mengatasi asam urat.

Sedangkan buah ceri diketahui mengandung banyak zat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi buah ceri dapat menjadi alternatif untuk mengatasi penyakit asam urat.

Selain jeruk nipis dan ceri, buah strawberry dan blueberry juga ampuh menyembuhkan asam urat. Kedua buah keluarga berry ini mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan karena asam urat.

Buah apel juga dipercaya dapat menurunkan asam urat. Beberapa zat yang terkadung dalam buah apel dapat  menetralkan tingginya kadar asam urat dalam darah. Khasiat serupa juga dimiliki oleh cuka apel organik. Kandungan kalium tinggi dalam cuka apel dapat membantu menjaga keseimbangan pH tubuh. Meski bersifat asam, cuka apel justru merangsang pembentukan basa dalam pebcernaan. Hal ini bisa menyeimbangkan kadar asam-basa dalam tubuh yang dapat mengurangi penumpukan asam urat.

Pisang dan kentang juga baik untuk menetralkan kadar asam-basa dalam tubuh. Keduanya banyak mengandung kalium yang berguna menjaga kadar keasaman tubuh. Itulah sebabnya rutin mengkonsumsi pisang dan ketang diyakini dapat mengatasi penyakit asam urat.

Tanaman lain yang ampuh mengatasi asam urat adalah seledri. Daun seledri mengandung zat glikosida, apiol dan flavonoid yang dapat mengurangi nyeri di persendian akibat asam urat. Rebus daun seledri yang telah dicuci bersih. Minum secara rutin air rebusan seledri tersebut dan asam urat bisa disembuhkan.

Selain beberapa sayur dan buah tersebut, untuk meredakan asam urat tak lupa disarankan untuk banyak minum air putih. Minum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari dapat menjaga kadar urine tetap encer sehingga asam urat tidak menumpuk dan lebih mudah larut.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?