Khasiat Daun Kucai, Bisa Cegah Osteoporosis, Hipertensi, Katarak dan Jaga Kesehatan Otak
berita
Daun Kucai
05 August 2020 06:00
Watyutink.com – Para pencinta kuliner pasti sudah mengenal daun kucai. Pasalnya daun kucai sudah sering digunakan sebagai bahan makanan atau campuran resep masakan. Selain untuk menambah rasa, daun kucai juga digunakan untuk memperindah tampilan masakan. Warna hijau daun kucai akan membuat masakan terlihat lebih segar dan menggoda untuk disantap.

Ternyata daun kucai juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Hal ini lantaran daun yang masih ‘bersaudara’ dengan daun bawang ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bisa mengatasi beberapa penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun kucai bagi kesehatan?

Daun kucai adalah tanaman dengan rumpun bawang atau allium. Itulah sebabnya daun kucai mempunyai bentuk yang sangat mirip dengan daun bawang. Bedanya, ukuran daun kucai lebih kecil dan tipis. Selain itu daun kucai lebih padat dibanding daun bawang yang berongga. Berbeda dengan daun bawang yang memiliki warna putih pada pangkalnya, daun kucai justru berwarna hijau pada seluruh bagian tubuhnya.

Daun kucai dikenal mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, magnesium, fosfor, kalium, dan kolin. Itulah sebabnya daun kucai diyakini bisa menyembuhkan beberapa jenis gangguan kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya daun kucai memiliki kandungan allicin yang bermanfaat menurunkan kolesterol.

Allicin juga dapat melepaskan nitrioksida dalam darah. Itulah sebabnya daun kucai juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu allicin dalam daun kucai juga dapat megudagi kekakuan pada pembuluh darah. Sedangkan kandungan quercetin dalam daun kucai dapat mengurangi risiko penumpukan plak di pembuluh darah arteri.

Daun kucai juga berfungsi untuk mencegah pembentukan homosistein yang bisa memicu serangan jantung, stroke dan penggumpalan darah.

Daun kucai juga kaya akan kandungan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Itulah sebabnya mengonsumsi daun kucai bisa mencegah tubuh terserang penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Vitamin K akan memproduksi protein tulang atau osteocalcin yang sangat penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang.

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of National Cancer Institute menyebut sayuran allium, termasuk daun kucai juga memiliki sifat anti kanker. Penelitian membuktikan pria yang rutin mengonsumsi daun kucai memiliki risiko terserang kanker prostat yang lebih rendah. Penelitian lainnya juga menunjukkan daun kucai dapat membantu melindungi dari risiko kanker perut dan esofagus atau kerongkongan.

Sedangkan kandungan kolin dalam daun kucai bermanfaat sebagai nutrisi yang peting untuk menjaga kesehatan otak. Daun kucai juga bisa menjaga ingatan tetap tajam. Asupan makanan tinggi kolin membantu meningkatkan fungsi kognitif otak serta penyimpanan memori verbal dan visual.

Daun kucai juga bermanfaat untuk mencegah stress dan meredakan depresi. Pasalnya daun kucai juga berguna untuk mengendalikan mood atau perasaan tetap tenang dan rileks.

Daun kucai juga memiliki kandungan karoten lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat mengurangi tekanan oksidatif di mata. Itulah sebabnya daun kucai sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Nutrisi dalam daun kucai diyakini dapat memperlambat pekembangan katarak di kornea mata.

Meski demikian, sebelum mengonsumsi daun kucai perhatikan beberapa hal, seperti alergi. Pada beberapa orang yang mempunyai riwayat alergi, mengonsumsi daun kucai dan daun bawang bisa menimbulkan efek samping berupa bercak merah pada kulit. Selain itu juga hidung berair, bengkak pada bibir, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF