Khasiat Daun Anggur, Sehatkan Jantung, Tulang, Cegah Anemia, Kanker, dan Diabetes
berita
Daun Anggur/ Net
25 May 2021 06:00
Watyutink.com – Manfaat buah anggur untuk kesehatan sudah banyak dikenal. Buah berwarna merah keunguan ini kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat menjaga tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit, termasuk kanker. Buah anggur juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Ternyata manfaat bagi kesehatan tidak hanya terkandung dalam buahnya. Daun anggur pun kaya akan manfaat bagi kesehatan. Sayangnya hal ini masih jarang diketahui orang Indonesia. Bahkan lidah orang Indonesia terasa asing dengan daun anggur. Padahal jika dikonsumsi, daun anggur bisa memberikan efek yang sangat baik bagi kebugaran tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun anggur bagi kesehatan?

Daun anggur menurut para ahli kesehatan memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup beragam. Nutrisi tersebut antara lain, serat, mangan, kalsium, magnesium, riboflavin, folat, tembaga, dan zat besi. Sedangkan kandungan vitamin dalam daun anggur adalah vitamin A, B6, C dan vitamin K.

Kandungan nurtisi itu menjadikan daun anggur berguna untuk menjaga kesehatan, salah satunya untuk mecegah tubuh mengalami anemia atau kurang darah. Hal ini akibat kandungan zat besi yang ada dalam daun anggur. Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Sehingga kebutuhan darah dalam tubuh selalu tercukupi. Tubuh juga terhindar dari kondisi seperti pusing dan detak jantung tidak teratur yang bisa muncul akibat anemia.

Daun anggur juga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Hal ini akubat kandungan vitamin C yang milikinya. Mengonsumsi daun anggur akan membuat tubuh terhindar dari serangan penyakit akibat bakteri dan virus.

Vitamin C yang terdapat pada daun anggur juga berfungsi sebagai antioksidan. Itulah sebabnya daun anggur mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Beberapa penyakit yang bisa muncul akibat radikal bebas antara lain kanker, jantung, stroke, dan alzheimer.

Daun anggur juga mengandung asam lemak omega-3. Jika dikombinasikan dengan antioksidan, omega-3 akan berguna untuk mengurangi peradangan. Itulah sebabnya mengonsumsi daun anggur berguna bagi penderita penyakit radang sendi termasuk rematik dan asam urat. Selain itu daun anggur juga bisa meredakan radang amandel, dan gastritis atau radang lambung.

Daun anggur sangat baik dikonsumsi penderita diabetes atau penyakit kencing manis. Pasalnya daun anggur memiliki kandungan glikemik yang rendah. Hal ini berpengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Mengonsumsi daun anggur akan membantu mengontrol kadar gula pada tubuh. Bukan hanya penderita diabetes, orang yang sedang berupaya menurunkan berat badan atau diet juga sangat baik mengonsumsi daun anggur. Pasalnya daun anggur bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan.

Daun anggur juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam daun anggur akan menjadikan kontraksi jantung tetap normal. Sehingga jantung bisa berfungsi dengan baik dan dapat memompa darah secara maksimal ke seluruh tubuh.

Sedangkan kandungan kalsium dalam daun anggur sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Asupan kalisum yang cukup akan membuat gigi sehat dan tidak berlubang. Tubuh juga terhindar dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulan.

Untuk memperoleh manfaat daun anggur caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun anggur segar, pilih yang tidak terlalu tua. Cuci dengan air sampai bersih. Rebus dengan tiga gelas ukuran sedang air, biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut selagi hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Daun anggur juga bisa diolah menjadi aneka menu masakah seperti gulai atau tumis. Bisa juga dicampur dengan sayuran lainnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF