Ketombean? Coba Tujuh Buah Ajaib Ini!
berita
Sumber Foto : lifestyle.kompas.com
20 October 2019 14:50
Watyutink.com – Ketombe memang tidak membahayakan nyawa, namun merusak penampilan hingga bisa membuat orang terlihat jorok. Apalagi, jika menyebabkan rambut menjadi lepek akibat minyak berlebih.

Tak jarang orang merogoh kocek sekian banyak demi hilangkan ketombe. Bahkan berbagai teknologi menjanjikan hilangnya ketombe secara instant.

Tahukah Anda, tujuh buah ini bisa hilangkan ketombe?

1) Pisang, buah kaya akan vitamin B6, A, C, E, dan mineral seperti zinc, potassium, dan zat besi yang dianggap bisa membantu mengobati ketombe. Tak hanya itu, pisang juga mengandung asam amino dan antioksidan.

Campuran pisang yogurt lalu aplikasikan pada kulit kepala dapat mengurangi ketombe. Untuk mendapatkan hasil maksimal, diamkan campuran yogurt dan pisang selama 20 menit pada kulit kepala, lalu bilas dengan air bersih.

2) Apel, selain bisa membantu menurunkaan berat badan, ternyata apel juga bisa membuat ketombe kamu hilang dalam sekejap. Menurut pakar pengobatan alternatif, jus apel sangat efektif untuk melawan ketombe.

Caranya juga sangat mudah, gunakan jus apel selama 15 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air dan shampo.

3) Lemon, asam sitrun dalam buah lemon yang bisa membantu menyeimbangkan kadar pH kulit kepala sehingga bisa mencegah berkembangnya ketombe. Anda bisa menggunakan perasan air lemon pada kulit kepala, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

4) Nangka, selain enak dimakan langsung dijadikan sayuran ternyata buah nangka yang penuh protein ini mampu hilangkan ketombe. Selain itu, nangka yang dipalikasikan di kulit kepala dan rambut juga dipercaya untuk menjadikan rambut tampak lebih indah karena kandungannya dapat memperlancar aliran darah pada kulit kepala.

5) Anggur, buah ini memang penuh keajaiban dan bisa diolah menjadi berbagai macam minuman bahkan enak dimakan langsung. Anggur juga mampu melembapkan sel kulit kepala secara optimal sehingga tidak ada lagi kulit kering yang memicu datangnya ketombe membandel.

6) Alpukat, juga ternyata mengandung omega-3 yang mampu untuk mengatasi ketombe. Zat tersebut kan melembpakan sel kulit kepala secara optimal. Tidak hanya itu, sel kulit kepala juga akan ternutrisi dengan baik sehingga kondisinya senantiasa sehat. Hasilnya, rambut anda akan lebih segar serta terbebas dari risiko rambut berketombe.

7) Pepaya, selain mengatasi sembelit juga mampu atasi ketombe. Vitamin A yang ada pada pepaya menjadikan kulit kepala lebih ternutisi. Sedangkan enzimnya juga ampuh dalam mencegah ketombe datang kembali dengan mengontrol produksi minyak berlebih sehingga kulit kepala akan terhindar dari masalah rambut berketombe dan lepek.

Itulah tujuh buah yang dapat anda gunakan sebagai penghilang ketombe ampuh tanpa harus membuat dompet menjerit. (oct)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah