Kerap Dilanda Kecemasan dan Stres Coba Atasi dengan Lima Makanan Ini
berita
Sumber Foto : inews.id
25 September 2019 12:00
Watyutink.com – Kebanyakan orang pasti pernah mengalami kecemasan dan stress. Hal ini jika dibiarkan akan memperburuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti berolah raga, istirahat yang cukup, ataupun pergi berlibur. Namun ternyata terdapat beberapa makanan yang kandungannya dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stress tersebut.

Tahukah Anda lima makanan penghilang kecemasan dan stress?

Cokelat hitam, membantu pelepasan zat kimia pendorong mood seperti hormon dopamine dan serotonin. Cukup satu ons cokelat hitam (sekitar satu atau dua potongan cokelat) sudah mampu menurunkan kecemasan dan stress Anda.

Bubur gandum, kaya akan serat yang mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil, sehingga terhindar dari penurunan mood. Selain itu kandungan karbohidratnya membantu pelepasan hormon serotonin dalam tubuh.

Baca Juga

Jeruk, mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imun tubuh serta mengurangi pelepasan hormon kortisol (hormon penyebab stress). Selain itu Vitamin C juga mampu mengurangi respon secara fisik dan mental terhadap stress.

Bayam, tinggi akan kandungan magnesium. Magnesium berperan dalam mengatur tekanan darah secara alami. Menurut Susan Albers, PsyD, seorang Psikolog klinis di Cleveland Clinic, kekurangan magnesium dapat memicu terjadinya kecemasan dan depresi.

Alpukat, mengandung lemak sehat yang membantu mengatur komunikasi syaraf dan membantu Anda berfikir lebih jernih. Selain itu kandungan vitamin B yang tinggi terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan dan stress dalam tubuh.

Sudahkah Anda bahagia hari ini?

(GD)

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah