Kerap Digunakan Thareq Habibie, Ini Manfaat Penutup Mata Satu Ala Bajak Laut
berita

13 September 2019 16:47
Watyutink.com – Meninggalnya Presiden ketiga Indonesia Baharudin Jusuf (BJ) Habibie masih meninggalkan kesedihan bagi bangsa Indonesia. Pasalnya Habibie dikenal sebagai putra terbaik bangsa yang banyak memberikan sumbangsih dan pemikiran bagi kemajuan bangsa dan negara, terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun, ada satu hal yang menarik perhatian publik saat prosesi  pemakaman Habibie, yakni penampilan putra kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie. Pasalnya saat tampil memberikan penjelasan tentang kondisi ayahandanya, Thareq selalu mengenakan penutup mata ala bajak laut.

Meski demikian belum ada keterangan resmi mengapa Thareq selalu menutup mata kanannya. Padahal banyak pihak bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Tahukah Anda, apa fungsi dari penutup mata ala bajak laut semacam itu?

Dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center (JEC) Kedoya, Jakarta, dr Florence Meilani Manurung, SpM mengatakan ada beberapa indikasi mengapa seseorang mengenakan penutup mata. Dr Florence mengemukakan bisa jadi disebabkan kecelakaan, luka pada kelopak mata hingga terjadinya infeksi mata.  

Dr Florence menambahkan bisa juga penutup mata dikenakan karena adanya oklusi mata atau stroke mata, yakni kondisi yang terjadi akibat penyumbatan pembuluh mata di retina. Meski demikian dr Florence enggan berkomentar lebih jauh tentang kemungkinan penyebab putra BJ Habibie tersebut mengenakan penutup mata. Ia berdalih hal itu sudah masuk dalam ranah privasi seseorang.

Sementara itu dari laman wikipedia diperoleh keterangan ada dua alasan seseorang menggunakan penutup mata. Alasan pertama adalah karena seseorang tersebut sedang sakit mata. Alasan kedua adalah sedang menjalani terapi amblyopia.

Terapi ini digunakan untuk mengatasi sindrom mata malas, yakni penyakit yang menyebabkan berkurangnya fungsi penglihatan. Mata malas terjadi akibat otak mengabaikan gambar atau bayangan yang  diterima dari mata.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah