Kenikir, Tanaman Pagar yang Bisa Sehatkan Tulang, Jantung, dan Cegah Kanker
berita
Sumber Foto : istimewa
11 June 2021 16:00
Watyutink.com - Salah satu tanaman yang banyak ditemuai di Indonesia adalah kenikir. Tanaman kenikir selama ini lebih dikenal sebagai tanaman pagar. Pasalnya kenikir banyak ditanama di halaman atau depan rumah. Fungsinya tak ubahnya seperti pagar yang mengelilingi halaman rumah. 

Padahal sejatinya kenikir bisa dikonsumsi seperti layaknya sayuran lainnya. Bahkan kenikir tergolong sayuran sehat. Pasalnya kenikir memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Itulah sebabnya para ahli kesehatan menganjurkan mengonsumsi kenikir untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kenikir bagi kesehatan?

Kenikir adalah tanaman yang berasal dari Amerika Latin dengan nama Cosmos Caudatus dan termasuk dalam keluarga Asteraceae. Konon tanaman ini dibawa para penjelajah hingga ke Asia Tenggara. Di beberapa daerah, kenikir juga dikenal dengan nama Ulam Raja.  

Para ahli herbal menyakini kenikir mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Hal ini tak lepas dari kangungan zat-zat yang dimiliki kenikir, seperti kalsium, magnesium, flavonoid, tokoferol, polifenol, saponin, terpenoid, kuersetin, dan alkohol koniferil. Selain itu kenikir juga mengandung vitamin A, C, E, protein, asam askorbat dan asam klorogenik.

Itulah sebabnya daun kenikir sering digunakan sebagai makanan yang bisa mengatasi berbagai penyakit, seperti sakit maag. Kandungan tokoferol di dalam daun kenikir mampu menetralkan asam lambung. Selain itu, tokoferol juga bisa menguatkan otot sfingter yang ada di perut. Caranya rebus daun kenikir dengan sedikit garam. Biarkan hingga dingin lalu minum air rebusan itu.

Daun kenikir juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam daun kenikir diyakini bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, zat gizi makro protein dalam daun kenikir juga bisa melindungi tubuh dari serangan kuman penyakit. Pasalnya protein bisa membentuk fagosit yang bisa melawan bakteri dan virus.

Sedangkan kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid dalam daun kenikir diketahui memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat melawan kanker. Itulah sebabnya mengkonsumsi daun kenikir bisa membantu menangkal berbagai jenis kanker, kanker perut, hati, payudara, lambung, dan sebagainya. Namun saat mengkonsumsi daun kenikir disarankan diimbangi dengan banyak minum air putih.

Kenikir juga bisa membantu menyehatkan jantung. Kandungan flavonoid yang dimiliki daun kenikir dipercaya bisa menguatkan otot jantung. Jika otot jantung kuat maka sirkulasi darah menjadi lancar.  

Daun kenikir juga bisa menguatkan kerangka tulang. Pasalnya kenikir mengandung zat kalsium dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Rutin minum air rebusan daun kenikir ditambah madu bisa memberikan manfaat bagi tulang, sama fungsinya dengan minum susu.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF