Kenali Tanda-tanda Tulang Mulai Lemah
berita

05 January 2019 09:45
Watyutink.com - Pernahkah Anda mengalami atau melihat seseorang yang hanya terpeleset sedikit menyebabkan tulang didiagnosa patah oleh dokter? Hati-hati, jangan-jangan itu menujukkan tulang sudah mulai lemah.

Tahukah Anda, ada beberapa tanda yang menunjukkan gejala bahwa tulang Anda mulai lemah?

Tulang yang lemah disebabkan memiliki kepadatan mineral yang rendah. Tulang yang lemah jika kena benturan sedikit saja cenderung akan patah. Sayangnya kita tidak mengetahui gejala yang dapat kita rasakan yang menunjukkan bahwa tulang kita mulai lemah, sampai saat tulang Anda mulai patah, dan dokter yang mendiagnosanya.

Untuk orang yang berusia di atas 50 tahun jika hanya dengan terpeleset menyebabkan tulangnya patah, kemungkinan tulangnya sudah lemah. Kondisi ini biasanya dinamakan Osteopenia, yaitu kondisi tulang lemah sebelum mengalami Osteoporosis atau pengeroposan tulang. Menurut National Osteoporosis Foundation, seseorang yang mengalami Osteopenia berisiko lebih besar untuk mengalami Osteoporosis.

Sebenarnya kita masih bisa melihat tanda bahwa tulang kita mulai lemah. Berikut empat tanda-tanda tulang mulai lemah, yaitu:

Pertama, jika merasakan penurun kebugaran fisik yang bisa dirasakan dengan berkurangnya kemampuan aerobik, kekuatan otot dan bahkan keseimbangan Anda.

Kedua, kuku mudah rapuh. Jika Anda tidak memiliki kondisi medis apapun, bisa jadi  ini menunjukkan tulang Anda sudah mulai lemah.

Ketiga, berkurangnya kekuatan Anda. Dengan bertambahnya usia sebaiknya Anda memperhatikan keseimbangan, kekuatan otot secara keseluruhan dan kemampuan Anda dalam menggangkat beban, untuk menghindari risiko patah tulang.

Keempat, Anda sering mengalami kram, nyeri otot, dan nyeri tulang. Nyeri otot dan nyeri tulang biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Selain  itu kita juga harus memperhatikan rasa kram terutama di malam hari yang menunjukkan kadar kalsium, magnesium dan kalium di dalam darah sudah menurun. Jika tiga kondisi Anda rasakan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter tulang.

Untuk itu, perhatikan asupan nutrisi dalam makanan Anda, apakah mengandung kalsium dan Vitamin D yang cukup. Kalsium akan menyusun struktur tulang dan gigi Anda. Sedangkan vitamin D akan membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang.  

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan