Kenali Tanda-tanda Tulang Mulai Lemah
berita

05 November 2019 08:00
Watyutink.com - Pernahkah Anda mengalami atau melihat seseorang yang hanya terpeleset sedikit menyebabkan tulang didiagnosa patah oleh dokter? Hati-hati, jangan-jangan itu menujukkan tulang sudah mulai lemah.

Tahukah Anda, ada beberapa tanda yang menunjukkan gejala bahwa tulang Anda mulai lemah?

Tulang yang lemah disebabkan memiliki kepadatan mineral yang rendah. Tulang yang lemah jika kena benturan sedikit saja cenderung akan patah. Sayangnya kita tidak mengetahui gejala yang dapat kita rasakan yang menunjukkan bahwa tulang kita mulai lemah, sampai saat tulang Anda mulai patah, dan dokter yang mendiagnosanya.

Untuk orang yang berusia di atas 50 tahun jika hanya dengan terpeleset menyebabkan tulangnya patah, kemungkinan tulangnya sudah lemah. Kondisi ini biasanya dinamakan Osteopenia, yaitu kondisi tulang lemah sebelum mengalami Osteoporosis atau pengeroposan tulang. Menurut National Osteoporosis Foundation, seseorang yang mengalami Osteopenia berisiko lebih besar untuk mengalami Osteoporosis.

Sebenarnya kita masih bisa melihat tanda bahwa tulang kita mulai lemah. Berikut empat tanda-tanda tulang mulai lemah, yaitu:

Pertama, jika merasakan penurun kebugaran fisik yang bisa dirasakan dengan berkurangnya kemampuan aerobik, kekuatan otot dan bahkan keseimbangan Anda.

Kedua, kuku mudah rapuh. Jika Anda tidak memiliki kondisi medis apapun, bisa jadi  ini menunjukkan tulang Anda sudah mulai lemah.

Ketiga, berkurangnya kekuatan Anda. Dengan bertambahnya usia sebaiknya Anda memperhatikan keseimbangan, kekuatan otot secara keseluruhan dan kemampuan Anda dalam menggangkat beban, untuk menghindari risiko patah tulang.

Keempat, Anda sering mengalami kram, nyeri otot, dan nyeri tulang. Nyeri otot dan nyeri tulang biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Selain  itu kita juga harus memperhatikan rasa kram terutama di malam hari yang menunjukkan kadar kalsium, magnesium dan kalium di dalam darah sudah menurun. Jika tiga kondisi Anda rasakan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter tulang.

Untuk itu, perhatikan asupan nutrisi dalam makanan Anda, apakah mengandung kalsium dan Vitamin D yang cukup. Kalsium akan menyusun struktur tulang dan gigi Anda. Sedangkan vitamin D akan membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!             Perekonomian Dunia Masih Dihantui Ketegangan dan Ketidakpastian             Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS