Kayu Manis, Rempah Ajaib Bisa Sembuhkan Diabetes, Kanker, dan Sehatkan Jantung
berita

02 December 2019 16:10
Watyutink.com – Kayu manis sudah lama dikenal sebagai bahan pembuat makanan. Masakan atau hidangan diyakini bakal semakin beraroma jika ditambahkan kayu manis. Selain itu kayu manis juga berguna menghilangkan bau amis, terutama pada makanan berbahan ikan laut. Itulah sebabnya para juru masak selalu menyimpan rempah-rempah ini di dapur.

Selain sebagai penambah rasa, ternyata kayu manis juga bermanfaat bagi kesehatan. Para ahli pengobatan herbal menyakini kayu manis mengandung beragam zat yang berguna untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kayu manis bagi kesehatan?

Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan ramuan kayu manis adalah diabetes. Penyakit yang sering disebut kencing manis ini terjadi akibat kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan. Hal ini akibat tubuh tidak dapat memproduksi insulin dan memproses glukosa. Akibatnya glokasi masuk dalam darah dan menyebabkan kadar gula darah melonjak tajam.

Medical News Today, laman kesehatan yang terbit di Brighton, Inggris menuliskan, kayu manis memiliki khasiat menjaga kadar gula dalam tubuh. Mengonsumsi enam gram kayu manis sehari diyakini bisa menurunkan glukosa serum, trigliserida, dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein. Itulah sebabnya sangat disarankan memasukkan kayu manis dalam masakan penderita diabetes.

Kayu manis disebut bisa merangsang sel ‘memakan’ glukosa. Selain itu mengonsumsi kayu manis juga dapat meningkatkan pelepasan insulin dari pangkreas. Hal ini akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam memproses glukosa. Sedangkan kandungan zat antioksidan pada tanaman bernama latin cinnamon  ini dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah.

Kayu manis juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya kayu manis memiliki kandungan kalsium, serat, dan mangan yang bsia mengurangi efek makanan berlemak.  Itulah sebabnya kayu manis sangat baik menjaga kesehatan jantung.

Kadungan serat dalam kayu manis juga bisa menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Sedangkan kalsium pada kayu manis bisa membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah penyakit kanker usus.

Penelitian yang dilakukan University of Texas, Amerika Serikat menunjukkan kayu manis bermanfaat mengurangi proliferasi atau pengulangan siklus sel kanker. Itulah sebabnya kayu manis diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakit kanker.

Untuk mandapatkan manfaat kayu manis tidak terlalu sulit. Selain menggunakannya untuk bumbu masakan, kayu manis juga bisa diolah menjadi aneka minuman yang nikmat dan sehat. Ambil kayu manis atau kulit kayu manis sepanjang dua inci, rendam dalam segelas air. Biarkan selama semalam dan minum keesokan paginya saat perus kosong.

Kayu manis yang sudah berbentuk bubuk bisa diolah menjadi teh. Caranya ambil satu sendok teh kayu manis bubuk dan satu sendok teh madu. Seduh dengan segelas air panas. Biarkan hingga hangat dan siap dinikmati.

Bubuk kayu manis juga bisa digunakan sebagai pemanis penggati gula. Bubuk kayu manis bisa ditambahkan di teh, kopi, oatmeal atau sebagai campuran pembuat kue. Selain bisa meningkatkan rasa, penggantian gula dengan bubuk kayu manis dipastikan lebih sehat. (cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir