Jus Buah Bit, Minuman Sehat untuk Jaga Kesehatan Ginjal, Jantung, Hati, dan Pencernaan
berita
Sumber Foto : iStockphoto
08 January 2020 17:00
Watyutink.com – Banyak diantara kita tidak mengenal buah bit. Padahal buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah berwarna merah keungungan ini dikenal memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buat bit?

Buah bit berasal dari rumpun tanaman Amaranthacea Chenopodianceae. Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan lobak, kentang, atau sayuran berakar lainnya. Pada awalnya buah yang berasal dari Afrika ini hanya dimanfaatkan bagian akarnya. Namun lama-kelamaan daging dan daunnya juga dikonsumsi.

Buah bit dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Namun buah ini memiliki kandungan lemak, kalori, dan protein yang sangat rendah. Selain itu dalam buah bit terkandung beberapa nutrisi seperti asam folat, kaliumen, serat, magnesium, zat besi, fosfor, triptofan, caumarin, betasianin, dan vitamin C.

Itulah sebabnya buah bit memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah penyakit-penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan jantung. Hal ini lantaran buah bit banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat menangkal efek negatif radikal bebas. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel baik dalam tubuh.

Buah bit juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ ginjal dan hati. Pasalnya buah bit berfungsi sebagai detok alami yang bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah bit bisa membantu menyaring darah dan mengeluarkan racun melalui air seni. Itulah sebabnya mengonsumsi buah bit dapat menyehatkan organ ginjal.

Buah bit juga mampu mendetokssifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam darah. Bagi paru-paru, buah bit dapat mengeluarkan karbondioksida dari oksigen yang telah dihirup. Itulah sebabnya buah bit sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja beberapa organ tubuh.

Beberapa penelitian menyebutkan buah bit bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini lantaran kandungan nitrat dalam buah ini. Itulah sebabnya mengonsumsi buah bit yang tinggi kandungan nitrat dapat mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu mengonsumsi buah bit membantu kesehatan jantung.

Sedangkan kandungan zat besi dalam buah bit bermanfaat mencegah tubuh terkana anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tersebut mampu meregenerasi dan mengaktifkan kembali sel darah merah. Selain itu zat besi dapat membantu menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel darah merah.

Buah bit juga sangat bermanfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pasalnya buah ini kaya akan kandungan serat yang membantu usus dalam mencerna makanan. Selain itu serat juga bisa memperlancar buang air besar sehingga mencegah tubuh terserang sembelit.

Kandungan serat dalam buah bit juga dapar membantu menurunkan berat badan. Itulah sebabnya bagi Anda yang tengah menjalankan program diet,  buah bit adalah pilihan yang sangat tepat. Kandungan serat tinggi namun rendah kalori akan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan manfaat buah bit sangat mudah, siapkan buah bit yang sudah dikupas kulitnya. Potong kecil-kecil lalu haluskan dengan cara diblender. Bisa juga dicampur dengan buah lain seperti semangka. Jika kurang manis bisa ditambahkan madu atau dicampur dengan kurma. Minum jus buah bit tersebut secara rutin untuk menjaga kesehatan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)