Jeruk Nipis dan Madu, Ramuan Ampuh Usir Flu, Lancarkan Metabolisme, dan Turunkan Berat Badan
berita
Jeruk Nipis dan Madu
05 March 2020 16:35
Watyutink.com – Salah satu penyakit yang banyak menyerang saat musim hujan adalah flu. Penyakit ini sering menimbulkan suasana yang tidak nyaman. Pasalnya flu kerap disertai bersin-bersin, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan dan nyeri. Itulah sebabnya orang berusaha menyembuhkannya jika terserang flu. Mengonsumsi obat-obatan kimia menjadi pilihan termudah.

Sebenarnya untuk meredakan flu tidak harus menggunakan obat-obatan kimia. Pasalnya flu bisa disembuhkan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Obat herbal tersebut lebih aman bagi tubuh lantaran bebas dari bahan-bahan kimia. Obat tersebut adalah ramuan jeruk nipis dan madu.

Tahukah Anda, apa manfaat jeruk nipis dan madu bagi tubuh?

Jeruk nipis adalah salah satu dari beberapa jenis jeruk. Berbeda dengan buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis tidak bisa dimakan langsung. Buah dengan nama latin citrus auantifolia seringkali dimanfaatkan untuk campuran menu makanan, seperti soto, mie, dan sebagainya. Jeruk nipis yang juga sering disebut jeruk pecel ini sering pula diambil airnya untuk campuran berbagai jenis minuman.

Jeruk nipis dikenal kaya akan kandungan nutrisi dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi tersebut antara lain, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, seng, dan tembaga. Selain itu jeruk sebesar bola ping pong ini juga memiliki kandungan vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, thiamin, riboflavin, dan niasin.

Hal serupa dengan madu yang juga kaya akan kandungan nutrisi bagi tubuh. Meski komposisi utamanya adalah air dan gula tapi madu juga mengandung asam amino, antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu madu juga memiliki kandungan fruktosa atau gula alami yang juga dijumpai pada buah-buahan. Itulah sebabnya selain berasa manis, madu juga bermanfaat memberikan energi bagi tubuh.

Itulah sebabnya, ramuan jeruk nipis dan madu sangat ampuh mengusir flu. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa menjadi booster yang memperkuat kemampuan sistem imun atau kekebalan tubuh.  Ramuan jeruk nipis dan madu diyakini dapat mempercepat proses penyembuhan flu.

Selain ampuh menyembuhkan flu, ramuan jeruk nipis dan madu juga bermanfaat menyehatkan saluran pencernaan. Pasalnya jeruk nipis juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan produksi enzim untuk menguraikan makanan. Itulah sebabnya, ramuan jeruk nipis bisa melancarkan pencernaan secara alami.

Selain itu ramuan jeruk nipis dan madu  dapat membersihkan racun dan sisa makanan yang tertimbun di perut. Hal ini membuat ramuan jeruk nipis dan madu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Ramuan ini sangat tepat dikonsumsi orang yang sedang menjalankan progran diet.

Selain itu gula alami dalam madu juga bermanfaat melancarkan sistem metabolisme tubuh. Kandungan lemak dan kolesterol dalam tubuh bisa diturunkan dengan mengonsumsi madu. Gula alami yang terdapat dalam madu juga sangat baik lantaran tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Itulah sebabnya ramuan jeruk nipis dan madu aman dikonsumsi penderita diabetes atau kencing manis.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis dan madu caranya tidak sulit. Siapkan dua butir jeruk nipis, potong dan peras airnya. Campur dengan tiga sendok makan madu dan air hangat. Aduk hingga tercampur dengan baik. Minum dua kali sehari, pagi dan sore.

Ramuan ini juga baik dikonsumsi sehari-hari meski tubuh tidak terserang penyakit. Rutin mengonsumsi ramuan jeruk nipis dan madu akan membuat tubuh lebih sehat serta segar sepanjang hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF