Jarang yang Tahu, Air Kelapa Tua Ternayata Bisa Sehatkan Jantung, Cegah Hipertensi dan Batu Ginjal
berita
Ilustrasi/ Net
05 June 2021 08:00
Watyutink.com - Selama ini orang lebih mengenal air kelapa muda. Minuman ini menjadi favorite atau pilihan utama untuk menghilangkan haus dan dahaga. Apalagi jika diminum saat hari terik dan panas. Selain diminum langsung, air kelapa muda sering digunakan sebagai campuran untuk membuat aneka jenis minuman segar.

Sejatinya air tidak hanya terdapat dalam buah kelapa yang masih muda. Kelapa tua pun juga menyimpan kandungan air dalam buahnya. Sayangnya orang sering melupakan air kelapa tua. Bahkan air kelapa tua sering hanya dibuang begitu saja. Pasalnya kelapa tua biasanya hanya dimanfaatkan untuk diambil santannya. 

Padahal sebenarnya air kelapa tua memiliki manfaat yang tak kalah dengan air kelapa muda. Selain rasanya yang enak dan segar, air kelapa tua juga kaya akan kandungan nutrisi dan mineral.

Tahukah Anda, apa saja manfaat air kelapa tua bagi kesehatan?

Banyak yang tidak mengetahui kandungan nutrisi dalam buah kelapa akan bertambah banyak seiring dengan pertambahan umurnya. Itulah sebabnya semakin tua buah kelapa semakin banyak pula kandungan nutrisi yang terkandung dalam daging dan airnya. Hal ini terbukti buah kelapa tua akan semakin berat dan akhirnya jatuh sendiri dari pohonnya.

Buah kelapa tua biasanya ditandai dengan dagingnya yang lebih tebal, teksturnya lebih kasar dan rasanya pun lebih gurih. Sebuah penelitian yang penah dilakukan membuktikan kelapa tua memiliki kandungan kalori, protein, lemak, dan serat yang lebih banyak dibanding kelapa muda. Hal ini tidak hanya berlaku pada dagingnya tetapi juga airnya.

Itulah sebabnya air kelapa tua mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Air kelapa tua atau Cocos nucifera diketahui mengandung kalium yang cukup tinggi tapi rendah kandungan natrium. Mengonsumsi air kelapa tua diyakini dapat menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga 70 persen.  

Air kelapa tua juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Air kelapa tua diketahui kaya akan kandungan magnesium, potasium, mangan, dan vitamin C. Mineral tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu menurunkan kadar gula darah.

Air kelapa tua juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan diketahui sebagai zat yang mampu mencegah tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis. Radikal bebas akan menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan meningkatkan risiko penyakit. 

Itulah sebabnya mengonsumsi minuman yang kaya akan kandungan antioksidan seperti air kelapa tua sangat dianjurkan. Pasalnya air kelapa tua mampu menetralisir stres oksidatif dan radikal bebas.

Air kelapa tua juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang telah dilakukan para ahli membuktikan air kelapa tua mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Manfaatnya diyakini lebih besar dibanding air kelapa muda. Mengonsumsi air kelapa tua diyakini dapat menjaga kesehatan jantung. 

Selain itu mengonsumsi air kelapa tua juga bermanfaat menurunkan risiko perlemakan di organ hati. Para peneliti menyebut, minum air kelapa tua yang dianjurkan sebanyak empat mililiter per 100 gram berat badan. Artinya, jika seseorang mempunyai berat badang 68 kilogram, dosis air kelapa tua yang dianjurkan sebanyak 2,7 liter setiap hari.

Air kelapa tua juga bermanfaat mencegah penyakit batu ginjal. Menjaga asupan cairan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mencegah terjadinya batu ginjal. Air kelapa tua mempu mencegah terjadinya kristal pada ginjal dan saluran kemih. 

Selain itu air kelapa tua atau cocos nucifera juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam air seni atau urin. Air cocos nucifera juga dapat mengurangi peningkatan kadar oksalat dalam urine.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF