Jarang Diketahui, Cuka Apel Ternyata bisa Atasi Diabetes, Hipertensi, Kolesterol dan Masalah Berat Badan
berita
Cuka Apel
02 September 2020 16:45
Watyutink.com – Selama ini orang hanya mengenal cuka apel sebagai bahan untuk membuat aneka masakan. Cuka apel bisanya diolah bersama bahan-bahan lainnya menjadi saus untuk salad. Selain itu cuka apel juga kerap dimanfaatkan untuk bahan pengawet makanan.

Ternyata manfaat cuka apel tidak hanya untuk makanan. Pasalnya cuka apel juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini lantaran cuka apel memiliki kandungan zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat cuka apel bagi kesehatan?

Seperti namanya, cuka apel memang dibuat dengan bahan dasar buah apel. Cuka apel adalah cairan yang dibuar dengan cara menghaluskan atau memeras apel dan mengambil cairannya. Selajutnya cairan itu ditambakan ragi dan gula untuk memulai proses fermentasi alkohol. Nantinya alkohol akan diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat.

Cuka apel diketahui mengandung beragam mineral yang berguna untuk tubuh, seperti asam asetat, asam gallic, dan katekin. Senyawa tersebut menjadikan cuka apel mempunyai fungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Selain itu cuka apel juga mengangdung potasium, kalsium dan magnesium. Selain itu cuka apel juga memiliki kadungan vitamin A B, B1, B2, B6, C, dan E.

Kandungan senyawa tersebut menjadikan cuka apel berguna mengatasi berbagai gangguan kesehatan, salah satunya mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Cuka apel diketahui membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Kadar gula inilah yang menjadi pemicu penyakit diabetes. Selain itu cuka apel juga bermanfaat mengontrol kadar insulin yang mempengaruhi pengolahan gula atau glukosa dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat cuka apel, caranya cukup dengan mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan segelas air. Minum air campuran tersebut sebelum makan. Bisa juga dengan menyiramkan cuka apel ke sebutir telur rebus. Sebelumnya tusuk-tusuk telur rebus dengan garpu agar cuka apel meresap dengan baik. Lakukan beberapa kali lalu diamkan telur semalaman. Esok hari, makan telur tersebut sambil minum air hangat. Jika rutin dilakukan niscaya gula darah akan turun.

Cuka apel juga bermanfaat menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya cuka apel sangat baik dikonsumsi penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu cuka apel juga mampu mengurangi lemak, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan, cuka apel bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya mengonsumsi cuka apel akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama, sehingga membuat seseorang tidak makan terlalu sering. Selain itu cuka apel berrguna menghilangkan timbunan lemak di perut. Caranya, minum secara rutin segelas air yang dicampur dua hingga empat sendok makan cuka apel.

Cuka apel juga berguna memutihkan gigi. Caranya cukup dengan berkumur dengan air bercampur cuka apel sebelum gosok gigi. Namun cara ini juga berisiko mengikis enamel atau lapisan terluar gigi. Padahal enamel berfungsi sebagai pelindung gigi. Kondisi ini terjadi jika gosok gigi dilakukan langsung setelah berkumur dengan cuka apel. Sebaiknya berkumur dilakukan setidaknya 30 menit sebelum menggosok gigi.

Cuka apel juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh. Pasalnya cuka apel memiliki kandungan polifenol. Fungsi ini juga dimiliki sayuran dan buah-buahan yang juga mengandung polifenol.

Cuka apel juga berguna membunuh kuman pada makanan. Hal ini lantaran cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang berguna mematikan kuman berbahaya dan mencegahnya berkembang biak. Itulah sebabnya cuka apel sangat tepat dikonsumsi bersamaan dengan sayuran mentah, baik sebagai lalapan maupun salad.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF