Jangan Takut Gigit Lengkuas Saat Makan, Bisa Obati Batuk, Asma, Diare dan Cegah Kanker
berita
Lengkuas berguna untuk kesehatan
05 January 2022 16:00
Watyutink.com – Selama ini kita sering mendengar istilah atau ungkapan, ‘Saat enak-enak makan, eh kegigit lengkuas.” Ungkapan ini diucapkan saat seseorang sedang menemukan lengkuas saat sedang menikmati makanan. Ucapan lain yang juga sering didengar adalah, “Aku kira daging, eh ternyata lengkuas.” Serupa dengan ungkapan pertama, ucapan tersebut juga disampaikan saat seseorang menemukan lengkuas dalam makanan yang sedang dinikmatinya.

Lengkuas memang kerap dijadikan bahan atau bumbu masakan. Biasanya rempah ini digunakan untuk menambah rasa dan meningkatkan aroma. Lengkuas seringkali digunakan sebagai bumbu untuk masakan, seperti opor, soto, rending, gulai dan sebagainya.

Saat digunakan sebagai bumbu masak, lengkuas memang tidak dihancurkan. Lengkuas tetap dalam bentuk rimpang meski dicampurkan ke dalam masakan. Dalam beberapa masakan, penampilan lengkuas terkadang mirip dengan daging. Itulah sebabnya seringkali lengkuas tergigit saat seseorang menikmati makanan.

Kita kerap merasa kesal saat lengkuas tergigit saat makan. Padahal sejatinya hal itu tidak menjadi masalah lantaran lengkuas tidak membawa akibat buruk bagi tubuh. Sebaliknya, lengkuas justru membawa kebaikan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat lengkuas bagi kesehatan?

Lengkuas atau yang juga sering disebut Laos itu mempunyai nama latin Alpinia Galanga. Meski tidak diketahui secara pasti, banyak yang menyebut lengkuas adalah tanaman asli Indonesia. Beberapa laporan sejarah menyebut lengkuas juga berasal dari Cina dan Jawa.

Lengkuas sejak lama sudah dimanfaatkan untuk bumbu makanan disamping sebagai obat atau jamu tradisional. Hal ini lantaran lengkuas memiliki kandungan nutrisi dan senyawa yang berguna bagi kesehatan. Kandungan nutrisi dalam lengkuas sama banyaknya dengan yang terkandung dalam jahe. Para ahli menyebut, dalam lengkuas terdapat nutrisi seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, serat,  kalsium, fosfor, natrium, kalium, zinc, dan zat besi.

Lengkuas juga merupakan sumber berbagai antioksidan dan zat fitokimia yang berguna bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu beta-sitosterol, galangin, emodin, quercetin, dan polifenol. Sedangkan kandungan vitamin dalam lengkuas adalah vitamin A, vitamin B1 (Tiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B3 (Niasin) dan vitamin C.

Beragam nutrisi tersebut menjadikan lengkuas bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya sebagai obat diare. Lengkuas, seperti juga jahe dan kunyit sudah lama digunakan sebagai obat diare. Hal ini lantaran lengkuas bersifat antimikroba dan antibakteri. Kedua fungsi tersebut menjadikan lengkuas mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli yang merupakan penyebab utama diare.  

Lengkuas juga berguna mencegah infeksi. Pasalnya fungsi antimikroba dalam lengkuas mampu mematikan bakteri Salmonella typhi dan Staphylococcus aereus yang kerap menyebabkan infeksi. Beberapa penelitian menunjukkan lengkuas juga mampu melawan jamur dan parasit yang berakibat buruk bagi kesehatan manusia.

Lengkuas atau laos juga mempunyai fungsi antioksidan yang mampu menurunkan risiko tumor dan kanker. Para ahli menyebut lengkuas memiliki kandungan zat aktif galangin yang mampu mematikan sel kanker dan mencegahnya tumbuh kembali. Itulah sebabnya mengonsumsi lengkuas mampu melindungi tubuh dari risiko kanker usus besar, hati, kulit, saluran empedu dan payudara.

Lengkuas juga memiliki kandungan zal fitokimia yang berguna mengatasi radang dan nyeri. Jika dipadukan dengan zat aktif galangin, zat fitokimia bisa membantu meredakan nyeri yang merupakan salah satu gejala peradangan, misalnya akibat radang sendi.

Lengkuas juga memiliki fungsi antipasmodik yang mampu melebarkan saluran bronkus di paru-paru. Itulah sebabnya mengonsumsi lengkuas berguna untuk meringankan gejala asma. Pasalnya, gejala asma muncul karena peradangan dan pembengkakan pada saluran napas. Mengonsumsi lengkuas juga bisa mengurangi dahak sehingga dapat melegakan pernapasan saat terjadi serangan asma.

Lengkuas juga berguna meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Lengkuas diketahui mempunya sifat ekepektoran yang bisa mengencerkan dahak. Fungsi inilah yang membuat lengkuas bisa membantu meringankan gejala batuk dan sakit tenggorokan. Lengkuas juga bergina untuk menyembuhkan suara serak, terutama yang muncul saat mengalami batuk.

Cara termudah mendapatkan manfaat lengkuas adalah merebusnya. Ambil lengkuas secukupnya iris tipis-tipis lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa. Namun perlu diingat, lengkuas mempunyai efek panas dan pedas, meski tidak sekuat jahe.

Cara lain adalah dengan menjadikannya bumbu masak. Selain mendapatkan aroma dan rasa yang lebih lezat, masakan yang dicampurkan lengkuas juga lebih sehat. Itulah sebabnya tidak perlu kesal apalagi gusar jika menemukan lengkuas saat makan. Itu artinya menu makanan Anda sehat.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF