Jangan Sepelekan, Kekurangan Vitamin C Picu Obesitas Hingga Penyakit
berita
Vitamin C/ Net
27 October 2019 07:30
Watyutink.com - Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak heran jika setiap orang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Secara umum vitamin C berperan dalam perbaikan jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, dan tulang. Kekurangan vitamin C sudah dapat dipastikan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, gangguan kesehatan apa saja yang ditimbulkan akibat tubuh kekurangan vitamin C?

Secara umum, kekurangan vitamin C dapat menurunkan sistem imun tubuh. Kondisi ini juga dapat menimbulkan masalah kulit, misalnya kulit kering dan kasar. Jika tubuh kekurangan vitamin C, berdampak pada minimnya pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein yang berfungsi membentuk lapisan kulit dan jaringan ikat tubuh. Selain itu, kekurangan kolagen akan membuat luka sulit sembuh.

Baca Juga

Kekurangan vitamin C yang berdampak pada minimnya pembentukan kolagen juga membuat pembuluh darah cepat pecah. Akibatnya, darah bocor ke area sekitarnya dan menyebabkan memar. 

Bagi seseorang yang telah memiliki masalah kesehatan gigi dan gusi sebelumnya, kekurangan vitamin C akan membuat gusi mudah berdarah dan gigi copot. Dalam beberapa kasus, kekurangan vitamin C membuat gusi berwarna ungu gelap.

Jika Anda yang sedang menjalankan program diet, harus memastikan asupan vitamin C dalam tubuh terpenuhi setiap harinya. Hal ini dikarenakan kekurangan vitamin C dapat meningkatkan pembentukan lemak terutama di bagian perut. Kekurangan vitamin C akan meningkatkan resiko obesitas.

Apabila kekurangan vitamin C parah (biasa disebut skorbut atau scurvy) akan membuat tubuh menjadi lemas, nafsu makan hilanh, mual, diare, dan demam. Kondisi Ini apabila tidak segera ditangani dapat memicu penyakit jantung. Bahkan kemukinan terburuknya dapat menyebabkan kematian. 

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah