Jangan Sembarangan Pencet Jerawat, Bisa Sebabkan Lumpuh, Buta, Bahkan Kematian
berita

12 March 2019 17:25
Watyutink.com – Bagi sebagian orang jerawat bukanlah sesuatu yang terlalu merisaukan. Tapi bagi sebagian yang lain, terutama remaja dan wanita, jerawat adalah masalah besar. Pasalnya jerawat bisa merusak wajah dan penampilan.

Itulah sebabnya berbagai cara dilakukan demi menghilangkan jerawat. Sayangnya, banyak yang menggunakan cara singkat tanpa memperdulikan akibatnya. Sebagian besar memilih memencet jerawat. Padahal memencet jerawat bukan hanya salah, tapi juga berbahaya.

Tahukah Anda, apa bahaya akibat kebiasaan memencet jerawat?

Para ahli kesehatan sangat tidak menganjurkan memencet jerawat, terutama di area segitiga wajah, yaitu area dahi diantara dua alis, hidung, dan di atas mulut. Memencet jerawat di area wajah tersebut bisa berakibat fatal seperti lumpuh, buta, bahkan kematian. Pasalnya di area tersebut syaraf-syaraf penting yang berada di sekitar hidung, mulut, dan mata yang mengalir ke bagian belakang kepala, di dasar otak.

Kebiasaan memencet jerawat juga bisa menyebabkan infeksi hebat dan pendarahan. Infeksi dapat terjadi pada bagian wajah yang jerawatnya dipencet. Jika sisa pencetan jerawat tersebut terinfeksi, maka akan menyebabkan kuman berkembang biak lebih cepat dan mengganggu kesehatan.

Saat memencet jerawat, dikhawatirkan muncul pendarahan pada bagian yang dipencet. Bisa jadi pendarahan justru masuk pada level parah. Bagi penderita kondisi darah yang susah membeku maka pendarahan menjadi sulit dihentikan. Pendarahan terus-menerus bisa menyebabkan kurang darah yang berakibat tubuh lemas, konsentrasi menurun, dan mudah terserang penyakit.

Kulit yang jerawatnya sering dipencet sangat rentan mengalami iritasi, terutama kulit wajah yang sensitif. Beberapa kasus bahkan menyebabkanm luka, gatal, rasa perih, dan kulit memerah. Saat jerawat dipencet tanpa disadari kuman dan bakteri mask ke dalam kulit. Hal inilah yang menyebabkan iritasi pada kulit dan wajah.

Kebiasaan memencet jerawat sejatinya bukan menyelesaikan masalah, tetapi justru memperburuk penampilan. Pasalnya memencet jerawat akan memunculkan bekas luka. Muka menjadi tidak mulus bahkan terlihat bopeng. Selain itu memencet jerawat justru memunculkan jerawat baru yang seringkali lebih parah. Hal ini disebabkan kuman dan bakteri sudah terlanjur menyebar ke bagian kulit yang lain.

Itu sebabnya, jangan pernah memencet jerawat, terutama di area segitiga wajah. Terlebih jerawat bisa hilang dengan sendirinya, meski membutuhkan waktu. Jika ingin menghilangkan dengan cepat, sebaiknya gunakan bahan-bahan alami. Konsultasikan dengan dokter jika memang jerawat sudah terasa sangat menganggu.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nailul Huda

Peneliti INDEF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Soal Subsidi MRT: Negara Jangan Pikir Profit, Tapi Benefit             Perjelas Kewenangan Berbasis Wilayah             Indonesia Masih Menarik Sebagai Negara Tujuan Investasi             Subsidi MRT Bukan untuk Orang Kaya             Pemerintah Harus Hitung Risiko Utang BUMN             Pembentukan Holding BUMN Harus Selektif             BUMN Jangan Terjerumus Jadi Alat Kepentingan Penguasa             MoU KPU-PPATK Jangan Sekadar Aksesoris             MoU KPU-PPATK Jangan Hanya Formalitas             Pemerintah Harus Promosikan Tempat Wisata Terlebih Dahulu