Jangan Sembarangan Minum, Ini Minuman Terbaik Saat Berbuka Puasa
berita
Menu Buka Puasa
02 May 2020 17:45
Watyutink.com - Saat berbuka puasa, minuman apa yang pertama kali Anda minum? Es teh manis, es buah, es campur atau kolak pisang? 

Semua minuman itu memang sangat menggoda selera. Terlebih menjelang datangnya waktu berbuka, kerongkongan dipastikan benar-benar kering setelah seharian berpuasa. Tapi apakah Anda yakin, minuman-minuman itu tepat dan sehat untuk berbuka puasa? 

Tahukah Anda, apa saja minuman yang sehat dan dianjurkan untuk berbuka puasa? 

Minuman paling sehat dan sangat dianjurkan untuk berbuka puasa adalah air putih. Minum air putih saat berbuka puasa akan mengembalikan kesegaran tubuh. Setelah sekitar 14 jam tidak 'terbasahi' tubuh akan terhidrasi secara perlahan dengan minum air putih. 

Fungsi organ tubuh akan kembali normal dengan mengonsumsi air saat berbuka puasa. Selain itu air putih juga bisa memberikan energi dan menjaga kesehatan ginjal setelah seharian 'kehausan.' Namun dianjurkan air putih yang diminum tidak dalam kondisi dingin apalagi dicampur es. Minumlah air putih biasa. 

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsimsi  susu dicampur kurma. Saat berpuasa, asupan nutrisi untuk tubuh terhenti. Itulah sebabnya saat berbuka, yang harus segera dilakukan adalah mencukupi asupan nutrisi. 

Kandungan nutrisi dalam susu dan kurma sangat tepat untuk tubuh sehabis berpuasa. Terlebih nutrisi dalam susu dan kurma akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Campurkan segelas susu dengan tiga butir kurma yang sudah dibuang bijinya. Blender hingga halus dan siap dinikmati saat adzan maghrib berkumandang

Jus buah juga bisa menjadi minuman sehat saat berbuka. Selain segar, jus buah juga bisa memberikan cukup banyak energi. Selain itu jus buah juga kaya serat dan membuat perut kenyang lebih lama. 
 
Buah-buahan yang direkomendasikan menjadi jus adalah semangka, alpukat, jeruk, mangga, dan tomat. Bisa juga ditambahkan strawberry sebagai penambah rasa. Namun pastikan jus buah dibuat tanpa tambahan gula. Lebih baik dicampur dengan buah yang sudah manis agar rasanya tetap nikmat dan juga segar.

Minuman berikutnya yang baik untuk buka puasa adalah air kelapa muda. Pasalnya air kelapa muda kaya akan kandungan ion. Selain menyegarkan, ion dalam air kelapa muda bisa memperbaiki kondisi elektrolit yang hilang saat melakukan puasa seharian. 

Pastikan air kelapa muda yang Anda minum benar-benar segar. Bisa juga ditambahkan gula rendah kalori, seperti gula jagung untuk menambah rasa. Atau ditambahkan perasan jeruk nipis atau lemon untuk mendapatkan kesegaran. 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF