Jangan Risaukan Kotoran Mata, Kentut, dan Bau Mulut di Pagi Hari, Pertanda Tubuh Sehat dan Tidur Nyenyak
berita
Bangun Tidur
02 November 2020 16:48
Watyutink.com – Orang sering kali risau saat bangun tidur terdapat kotoran mata dan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Itulah sebabnya setelah  bangun tidur seringkali kita langsung mandi atau setidaknya cuci muka dan gosok gigi. Hal ini guna menghilangkan kotoran mata dan bau mulut.

Sebenarnya kita tidak perlu risau dengan kondisi itu. Justru jika saat bangun tidur di pagi hari tidak terdapat kotoran di mata dan mulut tidak bau, kita patut khawatir. Pasalnya kotoran mata dan bau mulut setelah bangun tidur justru menunjukkan tubuh kita sehat.

Tahukah Anda, mengapa kotoran mata dan bau mulut saat bangun tidur menjadi pertanda tubuh sehat?

Dikutip dari situs bustle.com disebutkan terdapat beberapa pertanda tubuh dalam kondisi sehat. Pertanda itu bisa ditemui di pagi hari saat bangun tidur. Anehnya tanda-tanda tersebut selama ini justru dikesankan jorok .

Dalam unggahan di situs tersebut, tanda pertama tubuh dalam kondisi sehat adalah munculnya kerak atau kotoran mata. Orang Jawa menyebutnya belek, orang Jakarta menyebutnya rebek dan orang Sunda menyebutnya  cileuh, adalah kerak yang menempel di ujung mata. Kotoran mata hanya bisa muncul saat kita tertidur dengan nyenyak di malam harinya.

Saat terjaga, mata akan terlindungi dari kotoran dengan cara berkedip. Saat tertidur kondisinya justru berbalik. Kerak atau kotoran mata justru muncul sebagai bentuk perlingungan terhadap indra penglihatan itu. Tubuh akan mengeluarkan sisa-sisa partikel atau kotoran yang berpotensi membahayakan mata selama tidur.  

Bersendawa saat bangun tidur adalah pertanda berikutnya tubuh dalam kondisi sehat. Sendawa bisa menjadi tanda sistem pencernaan bekerja dan berfungsi dengan baik. Pasalnya pada malam hari perut akan bekerja mencerna makanan dalam perut. Hal ini menimbulkan gas dalam perut menumpuk.

Pagi hari saat bangun tidur, tubuh akan berusaha mengeluarkan gas tersebut dengan cara bersendawa. Itulah sebabnya sendawa bisa menjadi pertanda proses pencernaan makanan pada malam hari berjalan dengan baik.

Selain sendawa, tubuh akan mengelurkan gas dalam bentuk kentut. Terutama jika pada malam harinya kita mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah cukup. Padahal kedua bahan makanan tersebut sangat baik dikonsumsi tubuh. Itulah sebabnya kentut di pagi hari bisa menjadi pertanda tubuh, khususnya sistem pencernaan berada dalam kondisi baik dan sehat.

Bau mulut dipagi hari bisa pula menjadi pertanda tubuh dalam kondisi baik. Bau mulut adalah reaksi akibat tubuh tertidur dengan nyenyak. Air liur dalam mulut berfungsi menghilangkan bakteri. Saat tertidur air liur akan berkurang secara signifikan dan menyebabkan bakteri menumpuk di lidah dan gigi. Hal inilah yang menyebabkan bau mulut saat bangun tidur.

Saat bangun tidur urin atau air kencing seringkali berwarna lebih gelap. Biasanya urin berwarna gelap jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Namun jika hal itu terjadi di pagi hari setelah bangun tidur tidak perlu dikhawatirkan. Saat tidur tubuh akan melepaskan hormon tertentu dan membiarkan ginjal beristirahat. Hal inilah yang menyebabkan urin akan terlihat lebih gelap.

Meski tidak perlu dikhawatirkan, sebaiknya segera minum air putih dalam jumlah cukup untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Pertanda terakhir, adalah fases atau kotoran berukuran lebih besar. Jika sempat memperhatikan saat buang air besar, fases akan terlihat lebih besar daripada biasanya. Hal ini terjadi lantaran usus bekerja dengan baik selama tubuh tertidur. Kondisi ini sekaligus menjadi pertanda metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Metabolisme yang baik berakibat tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Meski kondisi-kondisi tersebut pertanda tubuh sehat, bukan berarti kita bisa membiarkannya berlama-lama. Pasalnya pertanda-pertanda tersebut justru terkesan jorok. Segeralah mandi dan gosok gigi setelah bangun tidur. Pasti tidak nyaman bertemu orang lain dalam kondisi mulut bau dan mata penuh kotoran.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF