Jangan Panaskan Kembali Nasi, Telur, dan Ayam, Bisa Beracun dan Sebabkan Kanker
berita

02 October 2020 17:00
Watyutink.com - Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang memanaskan kembali makanan yang tersisa. Tindakan ini biasanya dilakukan di pagi hari. Sedangkan yang dipanaskan adalah makanan sisa semalam.

Tujuan memanaskan adalah agar makanan lebih nikmat saat disantap. Selain itu memanaskan kembali juga mencegah makanan cepat menjadi basi.

Ternyata tidak semua makanan bisa dipanaskan kembali. Alih-alih menambah nikmat, memanaskan beberapa jenis masakan justru berbahaya lantaran memunculkan racun.

Tahukah Anda, makanan apa saja yang tidak boleh dipanaskan?

Makanan pertama yang sebaiknya tidak dipanaskan adalah nasi. Badan Standar Makanan Inggris mengatakan nasi yang dipanaskan bisa menyebakan keracunan. Pasalnya nasi mengandung bakteri Baillus Cereus. Bakteri tersebut dapat menghasilkan spora yang beracun jika dipanaskan.

Beberapa jenis sayuran, seperti bayam, wortel, lobak, atau seledri sebaiknya tidak dipanaskan. Pasalnya sayuran tersebut memiliki kadar senyawa nitrat yang cukup tinggi. Jika dipanasan nitrat akan menghasilkam racun karsinogenik yang memicu penyakit kronis, seperti infertilitas dan kanker.

Selain itu kandungan zat besi dalam bayam sangat berbahaya jika dipanaskan. Pasalnya zat besi akan beroksidasi menjadi radikal bebas yang juga memicu kanker.

Telur adalah makanan selanjutnya yang tidak boleh dipanaskan. Protein dalam telur akan hilang ketika dihangatkan. Bahkan telur bisa menyebabkan masalah pencernaan jika tidak dikonsumsi dalam kondisi segar.

Hal yang sama dengan Jamur. Komposisi protein dalam jamur akan berubah menjadi nitrogen teroksidasi saat dipanaskan. Efeknya bisa sangat berbahaya lantaran menyebabkan racun dan radikal bebas. Biasanya pencernaan akan menjadi organ tubuh pertama yang mengalami masalah.

Ayam dan kentang adalah masakan yang sangat sering dihangatkan. Protein dalam ayam bisa berubah menjadi racun jika dipanaskan. Sedangkan kentang diketahui mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium. Jika dipanaskan berulang-ulang, nutrisi tersebut justru akan berubah menjadi racun Clostridium Botulinum yang  menyebabkan gangguan kesehatan.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF