Jangan Ngecas di Tempat Umum
berita
Sumber Foto : news-af.op-mobile.opera.com (gie/watyutink.com)
08 November 2018 17:00
Saat ini smartphone sudah menjad barang wajib bagi sebagian besar masyarakat. Begitu pentingnya hingga alat komunikasi ini tidak boleh mati meski hanya sebentar. Untuk memastikannya powerbank selalu menemani smartphone. Tapi bagaimana jika powerbank lupa tidak terbawa?

Seringkali kita memanfaatkan layanan pengisian daya atau ‘ngecas’ di tempat umum yang  saat ini banyak tersedia. Tapi tahukah Anda mengisi daya ditempat umum memiliki risiko malware atau rusaknya sistem operasi smartphone?

Yudhi Kukuh, analis keamanan dari ESET, sebuah perusahaan penyedia software antivirus mengatakan peretas bisa menginfeksi layanan pengsian daya di tempat umum agar kabel mengirimkan malware kepada korban. Kukuh mengatakan banyak hal yang tidak disadari oleh masyarakat. Terlebih umumnya masyarakat hanya bisa menggunakan smartphone tanpa tahu bagaimana merawatnya.

Pada 2018 rata-rata kerugian akibat malware mencapai 3,86 juta dolar AS atau sekitar Rp56,5 miliar. Selain itu, telah terjadi 945 pelanggaran data yang menyebabkan 4,5 miliar catatan data hilang di seluruh dunia.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Kartu Nikah Tidak Diperlukan             Penggunaan Pembayaran Online Harus Memiliki Regulasi             Reformasi Struktural: Darimana Kita Memulai?             Kemenag Perlu Jelaskan Manfaat Kartu Nikah             Focus ke Penetrasi Ekspor Produk Bernilai Tambah Tinggi             Gerindra dan PDIP Diuntungkan pada Pemilu 2019             Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-1)              Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-2)             Masih Ada Waktu untuk Perbaharui Komitmen             Penguatan Upaya Pemberantasan Korupsi