Jangan Ngecas di Tempat Umum
berita
Sumber Foto : news-af.op-mobile.opera.com (gie/watyutink.com)
08 November 2018 17:00
Saat ini smartphone sudah menjad barang wajib bagi sebagian besar masyarakat. Begitu pentingnya hingga alat komunikasi ini tidak boleh mati meski hanya sebentar. Untuk memastikannya powerbank selalu menemani smartphone. Tapi bagaimana jika powerbank lupa tidak terbawa?

Seringkali kita memanfaatkan layanan pengisian daya atau ‘ngecas’ di tempat umum yang  saat ini banyak tersedia. Tapi tahukah Anda mengisi daya ditempat umum memiliki risiko malware atau rusaknya sistem operasi smartphone?

Yudhi Kukuh, analis keamanan dari ESET, sebuah perusahaan penyedia software antivirus mengatakan peretas bisa menginfeksi layanan pengsian daya di tempat umum agar kabel mengirimkan malware kepada korban. Kukuh mengatakan banyak hal yang tidak disadari oleh masyarakat. Terlebih umumnya masyarakat hanya bisa menggunakan smartphone tanpa tahu bagaimana merawatnya.

Pada 2018 rata-rata kerugian akibat malware mencapai 3,86 juta dolar AS atau sekitar Rp56,5 miliar. Selain itu, telah terjadi 945 pelanggaran data yang menyebabkan 4,5 miliar catatan data hilang di seluruh dunia.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nailul Huda

Peneliti INDEF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

MoU KPU-PPATK Jangan Sekadar Aksesoris             MoU KPU-PPATK Jangan Hanya Formalitas             Pemerintah Harus Promosikan Tempat Wisata Terlebih Dahulu             Ketergantungan Minyak Tinggi, Cadangan Menipis             Kepastian Regulasi Sektor Migas             Efektifkan Student Loan Debt             Pemberian Gelar 'Bapak Pembangunan Desa' Wajar             Pasar Domestik Mulai Kontraksi             Pembenahan Ekspor Impor Mulai dari Validasi Data             Pembangunan yang Memandirikan Desa Masih Jadi Tantangan