Jangan Minum Kopi, Teh, atau Cokelat Sebelum Tidur atau Anda Akan Terjaga Semalaman
berita

23 August 2020 17:30
Watyutink.com - Semua orang butuh tidur. Sebab tidur adalah saat dimana tubuh beristirahat guna mengembalikan kebugaran dan kesehatannya. Jika waktu tidur di malam hari berkurang akan berakibat terganggunya aktivitas sehari-hari di siang hari. Itulah sebabnya waktu dan kualitas tidur, terutama di malam hari harus selalu dijaga. 

Namun sayangnya banyak orang yang kurang menyadarinya. Seringkali mereka justru melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan tidur. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang justru memicu insomnia atau susah tidur. 

Tahukah Anda, apa saja makanan dan minuman penyebab susah tidur?

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa makanan dan minuman penyebab seseorang terjaga. Terutama jika dikonsumsi sebelum tidur. Diantaranya adalah makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cokelat dan soda. 

Kafein sudah lama dikenal sebagai penyebab susah tidur atau insomnia. Meski hanya secangkir, minum kopi bisa membuat seseorang terjaga 10 hingga 12 jam. Hal serupa dengan teh, cokelat, dan soda. Kandungan kafein dalam ketiga jenis minuman itu tak kalah tinggi dibanding kopi. 

Jika ingin tidur nyenyak, hentikan minum kopi sedari sore. 

Hindari pula mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis. Kadar gula yang kelewat tinggi berpotensi mengganggu dan membuat orang susah tidur. Makanan atau minuman tinggi kadar gula bisa berupa nasi putih, roti, dan soda.

The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, asupan gula tinggi membuat kadar gula dalam darah melonjak. Namun kadar gula tersebut akan turun secara drastis. Perubahan mendadak itulah yang dapat menyebabkan gangguan tidur
 
Meski demikian tidak semua makanan tinggi kadar gula menyebabkan gangguan tidur. Mengonsumsi sayur dan buah yang juga tinggi kadar gulanya tidak menyebabkan insomnia. Pasalnya sayur dan buah juga tinggi kandungan serat yang menyebabkan penyerapan gula berjalan lambat. Akibatnya kadar gula dalam tubuh tidak berubah secara drastis. 

Mengonsumsi makanan pedan dan asam juga bisa menyebabkan sulit tidur. Pasalnya mengonsumsi makanan pedas dan asam bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas. Terlebih bagi orang yang mengidap penyakit maag atau refluks gastroesofagus (GERD).

Seseorang dengan pencernaan sensitif akan merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan pedas dan asam. Jika hal itu dilakukan menjelang tidur dipastikan akan menimbulkan gangguan. Saat berbaring, perut akan merasa nyeri dan mulas. Tidur nyaman dan terlelap tidak akan dirasakan saat mengalaminya
 
Konsumsi alkohol sebaiknya juga dihindari. Sejatinya alkohol tidak terkait langsung dengam gangguan tidur. Bahkan beberapa orang justri menggunakan alkohol untuk menjadikan tubuh lebih rileks. Tapi alkohol mempunyai efek rebound. 

Akibatnya seseorang yang mengonsumsi alkohol mendadak terbangun di malam hari. Biasanya orang tersebut akan sulit terlelap kembali dan cenderung terjaga hingga pagi. 

Itulah sebabnya jika ingin merasa nyaman, tidur berkualitas dan terlelap, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman tersebut. Kecuali Anda memang sedang kerja lembur, mendapat giliran jaga malam, atau sedang menanti siaran langsung pertandingan sepak bola.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF