Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan, Bisa Rusak Gigi dan Ganggu Pencernaan
berita

06 December 2019 16:30
Watyutink.com – Menjaga kesehatan gigi memang harus selalu dilakukan. Pasalnya gigi mempunyai fungsi yang sangat penting, terutama dalam proses pencernaan. Gigi bertugas mengunyah dan menghaluskan makanan sebelum ditelan dan masuk ke dalam pencernaan.

Namun, banyak orang yang menjaga kesehatan gigi secara berlebihan. Bukannya sehat, tindakan tersebut justru merusak gigi. Salah satunya langsung menyikat gigi setelah makan.

Tahukah Anda, apa bahayanya langsung menyikat gigi setelah makan?

Menyikat gigi memang harus dilakukan secara rutin. Tindakan ini berguna untuk membersihkan gigi dari kotoran dan sisa makanan yang menempel di gigi. Namun sebaiknya menyikat gigi tidak dilakukan segera setelah makan. Pasalnya hal itu justru bisa merusak gigi.

Prof. Dr. drg. Melanie Sadono Djamil, MBiomed, Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, Jakarta, menjelaskan menyikat gigi sebaiknya 15 hingga 20 menit setelah makan. Jeda waktu antara makan dan menyikat gigi akan memberikan kesempatan air liur atau saliva untuk membantu proses pencernaan karena alfa amilase dan enzim lainnya yang dilepaskan setelah makan.

Melanie menambahkan air liur dalam mulut bersifat buffer effect atau penyeimbang. Saat makan, Ph normal air liur akan turun dari semula 6,8 menjadi 4. Tindakan langsung menyikat gigi setelah makan dapat merusak struktur alami air liur dan berakibat pada proses pencernaan. Itulah sebabnya harus ada jeda antara selesai makan dan menyikat gigi hingga pH air liur kembali normal.

Selain itu menurut Melanie, menyikat gigi langsung setelah makan bisa melemahkan email gigi. Terlebih jika makanan yang dikonsumsi bersifat asam. Enamel gigi dan lapisan dentin akan ‘terbakar’ oleh asam dari makanan. Menyikat gigi langsung setelah makan akan mendorong asam berproses lebih tinggi terhadap gigi. Akibatnya gigi akan mengalami mengikisan dan mempercepat pembusukan.

Melaine menyarankan, setelah makan sebaiknya berkumur menggunakan air matang. Hal ini dapat mempercepat pH air liur kembali normal, sehingga email gigi pun menjadi lebih baik.

Kebiasaan lain yang juga salah menurut Melanie adalah langsung menyikat gigi setelah bangun tidur.  Melanie menjelaskan menyikat gigi sebaiknya dilakukan setelah sarapan pagi dan bukan setelah bangun tidur.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)