Jangan Konsumsi Beberapa Makanan ini Dalam Kondisi Mentah, Bahkan Ada yang Beracun
berita

28 January 2019 16:55
Watyutink.com - Ragam jenis makanan Nusantara tak terkira banyaknya. Mulai dari yang ‘biasa’ hingga makanan yang tergolong unik. Uniknya beberapa makanan itu justru lebih nikmat jika dimakan secara mentah, terutama buah dan beberapa jenis sayuran. Makan buah dan sayuran dalam kondisi mentah alias tidak dimasak, selain lebih segar juga diyakini lebih sehat.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa makanan yang justru tidak boleh dimakan dalam kondisi mentah, apa saja itu?

Medical Daily News, yang terbit di Amerika Serikat, menyebutkan beberapa bahan makanan yang jika dimakan dalam kondisi mentah justru dapat menimbulkan kontaminasi silang atau bahkan mengandung racun. Bahan tersebut antara lain adonan kue. Kita disarankan tidak mencicipi adonan kue saat masih mentah. Telur mentah yang dicampurkan dalam adonan kue bisa mengandung bakteri salmonella. Beberapa jenis tepung juga bisa mengandung jenis bakteri berbahaya seperti E coli. Selain itu, kontaminasi juga dapat disebabkan oleh paparan kotoran hewan yang ada di dalam dan sekitar ladang gandum.

Bahan lain yang tidak boleh dimakan mentah adalah kentang, terutama yang hijau atau bertunas. Pasalnya kentang mentah menghasilkan solanin dan alkaloid, zat beracun yang bisa menyebabkan masalah pencernaan serius, sepeti diare, mual, kram, dan sakit kepala. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kentang mentah, bahkan pada beberapa kondisi dapat menyebabkan kematian.  Dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan menyebabkan efek yang mengancam jiwa, Anda sangat tidak dianjurkan untuk makan kentang yang masih hijau meskipun dimasak.

Singkong juga berbahaya jika dikonsumsi mentah atau setengah matang. Pasalnya singkong mengandung senyawa yang dapat menjadi hidrogen sianida dalam tubuh. Akibat yang dapat ditimbulkan seperti pernapasan cepat, tekanan darah turun, pusing, muntah, diare, kebingungan, dan kejang-kejang. Itulah sebaiknya singkong dinikmati dengan dimasak, seperti digoreng, direbus, dipanggang, atau diolah menjadi makanan matang lainnya.

Kacan merah juga disarankan dikonsumsi dalam kondisi matang. Ahli diet dari Medifast, Baltimore, AS,  Jennifer Christman menjelaskan mengkonsumsi kacang merah mentah juga  dapat menyebabkan mual ekstrem, muntah parah, dan diare.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan