Jangan Jilati Bibir Saat Berpuasa Agar Tidak Kering dan Pecah-pecah
berita

30 April 2020 17:20
Watyutink.com - Selama melaksanakan ibadah puasa tubuh tidak makan dan minum selama sekitar 14 jam. Itulah sebabnya kadar cairan dalam tubuh menurun dengan drastis. Akibatnya beberapa bagian tubuh menjadi 'kering.' Salah satunya adalah bibir.

Akibat 'kekeringan' itu bibir mengalami pecah-pecah. Kondisi ini wajar lantaran kulit bibir jauh lebih tipis dibandingkan kulit tubuh yang lain. Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Itulah sebabnya menjaga kelembaban bibir selama berpuasa sangat penting.

Tahukah Anda bagaimana cara menjaga bibir agar tidak pecah-pecah selama berpuasa?

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memperbanyak minum air putih. Tentunya tidak dilakukan di siang hari. Perbanyak minum air putih saat sahur dan buka puasa.

Minum dua liter air setiap hari akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Asupan cairan juga bisa diperoleh dari mengonsumsi sayur dan buah.

Saat bibir kering dan pecah-pecah kebanyakan orang membasahinya dengan cara menjilati bibir. Ternyata cara ini salah dan justru membuat bibir semakin kering. Pasalnya air liur banyak mengandung asam.

Menjilati bibir yang kering justru berisiko menyebabkan iritasi. Selain itu minyak alami pada kulit bibir juga bisa hilang jika terus-menerus dijilati. Sebaiknya gunakan pelembap bibir yang dapat melembabkan, menyehatkan dan menenangkan bibir kering.

Kondisi kering juga bisa menyebabkan bibir mengelupas. Penggunaan scrub bisa membantu mengatasi hal itu. Scrub bibir bisa dibuat sendiri menggunakan bahan alami, seperti madu, minyak kelapa, dan gula. Scrub alami akan membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya.

Masker bibir juga bisa digunakan untuk menghindari bibir pecah-pecah. Bentuknya lembaran mirip dengan masker mata. Masker bibir memiliki kandungan asam hialuronat, shea butter, dan vitamin E yang mampu melembabkan bibir.

Gunakan pula pelembap udara, terutama saat berada di ruangan berAC. Pasalnya udara AC yang kering dapat menghilangkan kelembapan kulit. Memasukkan pelembap udara ke dalam ruangan bisa dilakukan untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF