Jangan Dibuang! Biji Kurma Ampuh Turunkan Gula Darah
berita
Sumber Foto : siraplimau.com
13 September 2019 09:30
Watyutink.com – Bukan rahasia umum lagi, kurma merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Jenis kurma yang paling disukai beliau adalah kurma Ajwa. Pada umunya masyarakat hanya mengkonsumsi daging buah kurma, dan membuang bijinya. Namun ternyata biji kurma memiliki manfaat bagi penderita diabetes.

Tahukah Anda manfaat dari biji buah kurma?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Biokimia Institute Pertanian Bogor menunjukan biji buah kurma mengandung matabolit sekuder berupa flavonoid dan saponin yang berfungsi menghambat pembentukan alfa-glukosidae. Alfa-glukosidae berfungsi menurunkan kadar glukosa pada penderita diabetes.

Baca Juga

Biji kurma mengandung proanthocyanidins yang berfungsi melindungi toksisitas pada ginjal dan hati. Sehingga kesehatan ginjal dan hati tetap terjaga.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji kurma mampu melindungi tubuh yang rusak akibat stres dan membersihkan radikal bebas dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat biji kurma dapat dengan cara menjadikannya kopi biji kurma. Membuatnya diawali dengan mencuci bersih biji kurma, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Usahakan menjemur di tempat yang bebas debu serta gangguan hewan. Setelah benar-benar kering, lalu digoreng di wajan tanpa minyak sampai biji kurma hangus dan mengeluarkan aroma sedap seperti kopi. Setelah itu biji kurma ditumbuk sampai halus. Kopi biji kurma siap dinikmati.

Jadi, tertarik untuk mencoba kopi biji kurma?

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah