Jangan Diabaikan! Bagian Sayur Ini Kaya Manfaat
berita
Sumber Foto : intisari.grid.id
17 September 2019 10:24
Watyutink.com – Hampir setiap orang mengkonsumsi sayuran setiap hari. Ketika memasak sayur pasti ada bagian yang dibuang karena dianggap tidak enak, keras, dan tidak bermanfaat. Namun ternyata beberapa bagian yang dianggap tidak bermanfaat itu justru kaya akan nutrisi.

Tahukah Anda, bagian dari sayur apa saja yang sering dianggap tidak berguna justru memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh?

Batang brokoli yang keras membuat sebagian orang menganggap itu sebagai sampah. Namun ternyata batang brokoli kaya akan vitamin B6, B9, B12, kalsium, dan serat yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta anti inflamsi.

Baca Juga

Batang bayam seringnya dibuang karena dianggap tidak bermanfaat. Namun Batang bayam mengandung serat yang justru lebih besar dibandingkan daunnya. Serat berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.

Daun terluar kubis yang keras dan berwarna hijau tua justru seringnya dibuang. Padahal bagian ini mengandung tinggi karotenoid yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan.

Daun lobak biasanya dibuang karena kebanyakan orang hanya mengkonsumsi umbinya saja. Padahal daun lobak megandung vitamin A, K, zat besi, kalium dan serat. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh.

Daun buah bit hampir tidak pernah dikonsumsi. Daun buah bit kaya akan kalsium, zat besi, vitamin A, K, dan serat. Nutrisi ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan otot tubuh.

Jika dirasa belum terbiasa mengkonsumsi bagian-bagian sayur tersebut, Anda bisa mencampurnya dengan masakan lain yang Anda sukai.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah