Jangan Buang Kulit Telur, Bisa Sehatkan Tulang, Gigi, dan Jantung
berita
Kulit Telur Ayam/ Net
14 January 2020 17:00
Watyutink.com – Pernahkah Anda membayangkan makan telur dengan kulitnya? Kebanyak orang mengira kulit telur tidak bisa dikonsumsi. Pasalnya tekstur kulit telur yang keras tidak mungkin bisa dimakan. Itulah sebabnya kulit telur sering dibuang begitu saja. Kalau pun dimanfaatkan, kulit telur hanya bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau cinderamata.

Ternyata anggapan itu salah. Pasalnya kulit telur ternyata bisa dikonsumsi. Bahkan kulit telur mempunyai manfaat bagi kesehatan. Kandungan beberapa mineral dalam kulit telur diyakini berguna untuk menjaga kesehatan fungsi organ-organ tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit telur bagi kesehatan?

Dibalik teksturnya yang keras, cangkang atau kulit telur ternyata kaya akan kandungan kalsium. Pasalnya kulit telur terbuat dari kalsium karbonat. Dalam satu butir cangkang telur terdapat sekitar 40 persen kalsium. Jumlah itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium orang dewasa sebanyak 1000 miligram per hari.

Selain itu kulit telur juga mengandung mineral lain seperti strontium, fluorida, magnesium, selenium, dan protein. Semua zat tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit telur sangat baik untuk menghidari risiko gangguan tulang, seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Meski kerap menyerang orang berusia lanjut, osteoporosis juga bisa menyerang anak-anak atau usia muda. Pengeroposan tulang biasanya disebabkan kekurangan asupan kalsium. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit telur bisa menjadi solusi.

Sebuah studi membuktikan kulit atau cangkang telur dapat meningkatkan kadar magnesium dan vitamin D pada tubuh. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu mengonsumsi kulit telur dapat menurunkan risiko patah tulang. Bahkan manfaat kulit telur lebih baik daripada suplemen kalsium.

Selain untuk tulang dan gigi, kulit telur juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya kalsium sangat baik untuk membantu kerja jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Kalsium juga membuat jantung berdetak lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai obat penenang alami sekaligus menghentikan pendarahan saat luka.

Kulit telur juga berguna untuk menjaga kesehatan persendian. Manfaat ini diperoleh dengan mengonsumsi kulit telur bagian dalam yang berupa selaput transparan tipis. Selaput tersebut akan mudah ditemukan saat mengupas telur rebus.

Para ahli menyebut kulit atau selaput tipis tersebut terbuat dari kolagen kondroitin sulfat, senyawa yang menyusun jaringan tulang rawan. Selain itu lapisan tipis tersebut juga mengandung glukosamin dan nutrisi lainnya.

Kolagen diketahui adalah zat yang bermanfaatuntuk mengurangi nyeri persendian akibat penyakit osteoarthiritis dan rematik. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit tipis tersebut dapat menjaga kesehatan persendian dan menurunkan risiko terserang rematik.

Untuk mendapatkan manfaat kulit telur, caranya sedernaha. Ambil kulit atau cangkang telur, cuci dan bersihkan dengan air. Rebus selama beberapa menit dalam air hingga mendidih untuk mematikan bakteri dan zat asing, seperti timbal, merkuri, atau kadmium yang mungkin masih menempel.

Haluskan kulit telur tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender. Pastikan benar-benar halus hingga menjadi serbuk. Hal ini untuk menghindari luka pada kerongkongan akibat kulit telur yang masih berbentuk tajam. Campurkan serbuk kulit telur tersebut pada makanan dan konsumsi seperti biasa. Bisa juga dengan mencampurkannya pada minuman.

Anda juga bisa mendapatkan suplemen kulit telur yang kini banyak dijual di toko kesehatan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)