Jangan Buang Kulit Semangka, Bisa Sembuhkan Hipertensi, Cegah Batu Ginjal dan Turunkan Berat Badan
berita
Sumber Foto : republika.co.id
13 December 2019 16:45
Watyutink.com – Selama ini saat mengonsumsi semangka, kita seringkali hanya memakan daging buahnya saja. Sedangkan kulitnya dibuang. Ternyata kebiasaan itu salah. Pasalnya kulit semangka yang berwarna hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Itulah sebabnya sangat dianjurkan saat mengonsumsi semangka, kita memakan daging buah beserta kulitnya.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit buah semangka bagi kesehatan?

Kulit semangka ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, dan seng. Selain itu kulit semangka juga mengandung kalori yang sangat rendah. Itulah sebabnya kulit semangka sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai jenis penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kulit semangka diketahui memiliki kandungan citruline yang berguna menstabilkan tekanan darah. Itulah sebabnya bagi penderita gangguan tekanan darah tinggi sangat dianjurkan memakan semangka lengkap dengan kulitnya.

Kandungan citruline pada kulit semangka juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Pasalnya cituline juga berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal efek buruk dari radikal bebas  yang kerap memicu penyakit, baik ringan maupun berat.

Kulit semangka juga bermanfaat mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini lantaran kulit semangka mengandung kalium yang bisa mengendalikan kadar asam dalam air seni atau urin. Itulah sebabnya mengonsumsi kulit semangka bisa mencegah masalah pada saluran air seni, seperti penyakit batu ginjal. Selain itu kandungan nutrisi dalam kulit semangka juga bermanfaat mengeluarkan racun dari ginjal.

Bagi Anda yang memiliki masalah kelebihan berat badan sangat dianjurkan rutin mengonsumsi kulit semangka. Kandungan serat tinggi dalam kulit semangka memberikan efek kenyang lebih lama. Itulah sebabnya saat memakan kulit semangka, tubuh akan mudah kenyang dan tidak tertarik makan makanan lainnya. Kulit semangka juga bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh.

Kulit semangka juga busa menambah stamina dan energi, terutama ketika beraktivitas fisik, seperti berolah raga atau bekerja. Hal ini lantaran kulit semangka mengandung magnesium dan antioksidan yang membuat tubuh lebih bertenaga. Itulah sebabnya sebelum berolah raga atau aktivitas fisik lainnya, sebaiknya mengonsumsi kulit semangka terlebih dahulu.

Itulah sebabnya jika membeli buah semangka pastikan kulitnya tidak dibuang. Namun jangan lupa sebelum memakannya, cuci terlebih dahulu kulit semangka hingga bersih. Jangan biarkan nutrisi dan zat-zat lain yang bermanfaat hilang begitu saja. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)