Jangan Buang Kulit Bawang Merah, Bisa Sehatkan Jantung, Otak, Cegah Diabetes dan Hipertensi
berita
Kulit Bawang Merah
16 November 2020 16:35
Watyutink.com – Bawang merah dikenal sebagai salah satu bumbu masak. Bahkan bersama bawang putih, cabai, sereh, dan sebagainya, bawang merah dikenal sebagai bumbu dasar yang digunakan dihampir semua masakan. Bawang merah diyakini membuah masakan menjadi lebih nikmat. Itulah sebabnya tidak ada orang yang tidak mengenal bawang merah.

Saat diolah, biasanya bawang merah dikupas terlebih dahulu. Seringkali kulit bawang merah dibuang begitu saja. Kulit bawang merah dianggap sebagai sampah yang tidak mempunyai kegunaan. Padahal sebenarnya, kulit bawang merah memiliki beragam manfaat, terutama bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit bawang merah bagi kesehatan?

Para ahli kesehatan menyatakan kulit bawang merah memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Itulah sebabnya kulit bawang merah sangat baik digunakan untuk menjaga tubuh dari gangguang penyakit. Situs Health Benefit, menyatakan  kulit bawang merah mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan. Kulit bawang merah juga memiliki kandungan nutrisi seperti flavanoid dan quercetin. Nutrisi ini mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Itulah sebabnya kulit bawang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi otot kram. Caranya, ambil satu sendok makan kulit bawang merah. Seduh dengan secangkir air panas, biarkan sesaat sampai meresap. Minum air seduhan tersebut sebelum makan untuk mengobati otot kram.

Manfaat kulit bawang merah yang pertama adalah bermanfaat untuk mengatasi kram otot. Caranya, masukkan satu sendok makan kulit bawang ke dalam secangkir air panas dan biarkan meresap. Minumlah airnya sebelum makan malam untuk mengobati kram otot

Kulit bawang merah juga mampu menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler atau jantung. Selain itu kulit bawang merah juga berguna untuk mengurangi risiko penyakit otak. Hal ini lantaran kulit bawang merah mengandung quercetin yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sebaliknya, quercetin berguna memperkuat otot, mencegah peradangan, dan membunuh sel kanker. Sifat antioksidan dalam kulit bawang merah juga berguna melawan alergi.

Kulit bawang merah juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Pasalnya kulit bawang merah mampu menurunkan kadar gula darah. Pigmen pada tanaman bawang merah juga mampu mencegah penyumbatan darah sekaligus mengurangi peradangan.

Untuk merasakan manfaatnya, ambil kulit bawang merah cuci sampai bersih. Masak dengan air secukupnya sampai mendidih dan mengelurkan aroma wangi. Angkat lalu saring. Minum air rebusan itu saat sudah hangat. Aroma wangi air rebusan kulit bawang merah juga bisa dihirup dan memberikan manfaat bagi tubuh.

Cara serupa juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan antioksidan dan quercetin pada kulit bawang merah diyakini mampu mengecegah penyumbatan pembuluh darah arteri, sekaligus menurunkan tekanan darah hingga mencapai kondisi normal.

Kulit bawang merah juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya, campur kulit bawang merah secukupnya dengan satu sendok makan garam flour atau tepung garam (besan) dan satu sendok makan yogurt. Aduk hingga menjadi pasta dan gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kulit bawang merah juga bisa menyehatkan rambut. Caranya dengan menyeduh kulit bawang merah dengan secangkir air hangat. Biarkan sampai benar-benar meresap. Usapkan air tersebut pada rambut sampai rata dan biarkan selama sekitar lima hingga 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air dingin.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF