Jangan Buang Daun Nanas, Bisa Jadi Obat Batuk, Radang Tenggorokan dan Asma
berita
Daun Nanas
14 February 2020 16:55
Watyutink.com – Selama ini kita jarang memanfaatkan daun nanas. Pasalnya kita hanya mengolah atau mengonsumsi buah nanas dan membiarkan daunya menjadi sampah. Padahal sebenarnya daun nanas bisa konsumsi. Daun nanas dikenal mempunyai manfaat untuk kesehatan lantaran mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun nanas untuk kesehatan?

Nanas adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, seperti Brazil, Argentina, dan Peru. Tapi sekarang tanaman ini sudah menyebar ke seluruh dunia, temasuk Indonesia. Bahkan beberapa daerah, seperti Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara dikenal sebagai pusat penghasil nanas. Telebih tanaman ini, bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah.

Nanas, dikenal sebagai tanaman dengan beragam kandungan nutrisi, seperti protein, lemak, karbohidrat, fosfor, dan zat besi. Selain itu juga magnesium, kalsium, natrium, kalium, sukrosa, enzim bromelin. Ada pula kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, dan C. Kandungan nutrisi tersebut bukan hanya di daging buahnya, tapi juga daun dan kulitnya.

Itulah sebabnya, daun nanas juga bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi ramuan kesehatan. Manfaatnya pun beragam, salah satunya untuk mengobati wasir atau ambeien. Ramuan daun nanas dikenal sebagai obat alami untuk penyakit yang dalam dunia medis dikenal dengan nama hemoroid.

Daun nanas juga bisa dimanfaatkan untuk mengentikan mimisan akibat kelelahan atau stres. Radang tenggorokan juga bisa diredakan dengan mengonsumsi ramuan daun nanas. Di saat musim pancaroba, daun nanas juga bisa digunakan untuk menyembuhkan flu, baik yang menyerang anak-anak maupun dewas.

Untuk mendapatkan manfaat daun nanas bagi kesehatan sangat mudah, ambil beberapa lembar daun nanas, cuci hingga bersih. Rebus daun nanas tersebut dengan air sampai mendidih. Biarkan dan minum air rebusan daun nanas saat sudah hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Air rebusan daun nanas juga bisa digunakan untuk alternatif untuk mengatasi penyakit asma. Efek dari rutin mengonsumsi air rebusan daun nanas diyakini bisa mempercepat proses penyembuhan asma, baik yang menimpa anak-anak maupun dewas. Selain itu penyakit batuk berdahak juga bisa disembuhkan dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun nanas.

Selain direbus, daun nanas juga bisa diolah menjadi obat luar. Caranya dengan menumbuk daun nanas hingga halus. Ramuan tersebut bisa digunakan untuk menyembuhkan memar akibat benturan. Selain itu juga saat mengalami kram otot atau keseleo. Oleskan daun nanas yang telah di tumbuh halus pada bagian tubuh yang memar atau keseleo. Lakukan rutin hingga memarnya dan keseleo sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF