Jangan Buang Biji dan Kulit Kelengkeng, Bisa Obati Gigitan Ular, Demam dan Luka Bakar
berita
Khasiat Kulit dan Biji Buah Kelengkeng
26 February 2020 17:00
Watyutink.com – Manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Pasalnya kelengkeng memiki kandungan vitamin dan mineral dalam buah kelengkeng, seperti serat, air, protein, asam amino, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan tembaga juga vitamin B dan C. Berbagai kandungan tersebut diyakini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Ternyata bukan hanya daging buahnya, kulit dan biji kelengkeng pun memiliki beragam manfaat. Kulit dan biji kelengkeng terutama berguna untuk mengobati luka serta beberapa penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit dan biji kelengkeng?

Kelengkeng adalah buah yang memilik rasa manis segar. Buah ini masih bersaudara dengan rambutan. Namun bentuk keduanya jauh berbeda. Rambutan yang sebesar bola ping pong memiliki kulit memiliki rambut. Sedangkan kelengkeng ukurannya sebesar kelereng dengan kulit kekuningan. Lantaran bertekstur keras, kulit kelengkeng seringkali disebut cangkang seperti saat menyebut kulit telur.

Sedangkan biji kelengkeng berwarna hitam dan sangat keras. Berbeda dengan kulit rambutan yang berwarna putih dan cenderung agak lunak. Ternyata biji kelengkeng bermanfaat untuk menetralisir racun, termasuk akibat gigitan ular. Pasalnya biji kelengkeng diketahui mengandung zat saponin yang bermanfaat menyerap racun venom. Racun inilah yang jika masuk dalam tubuh bisa berbahaya.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, caranya dengan menempelkan dan menekan biji kelengkeng di kulit yang terkena gigitan ular. Untuk hasil yang lebih manjur, biji kelengkeng sebaiknya dimemarkan sebelum ditempelkan di bekas luka gigitan ular.

Biji kelengkeng juga bisa digunakan untuk mengatasi kaki atau jari yang gatal dan panas. Bahkan kulit yang terkelupas dan perih pun bisa disembuhkan dengan ramuan biji kelengkeng. Caranya sangat mudah, tumbuk biji kelengkeng hingga halus dan taburkan di tempat kaki yang terasa gatal atau panas.

Sedangkan kulit kelengkeng bisa dijadikan obat untuk luka bakar ringan, seperti terkena knalpot, percikan api, atau penyebab lainnya. Caranya, tumbuk kulit atau cangkang kelengkeng hingga halus. Campur dengan minyak sayur atau minyak ikan dan oleskan di kulit yang terluka bakar. Lakukan terus hingga luka bakarnya sembuh.

Cangkang  kelengkeng juga bisa digunakan untuk obat demam. Caranya, ambil segenggam kulit dan daun kelengkeng, tumbuh hingga halus. Campur dengan sedikit air dan tempelkan di dahi anak atau orang yang sedang demam. Lakukan terus hingga demamnya reda.

Kulit kelengkeng juga bermanfaat menghilangkan bekas luka, termasuk yang sudah lama atau membandel. Caranya tumbuk kulit kelengkeng hingga halus, kemudian campur dengan minyak zaitun. Oleskan di bekas luka yang ada di kulit. Lakukan rutin hingga bekal luka memudar.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)