Jangan Buang Biji Durian, Bisa Sehatkan Pencernaan, Tulang, Gigi, dan Cegah Kanker
berita

26 December 2019 17:00
Watyutink.com – Kelezatan buah durian tak perlu diragukan lagi. Begitu lezatnya sampai-sampai buah berkulit berduri ini dijuluki “king of fruit” atau raja semua buah. Selain lezat, durian juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berbagai penyakit, seperti anemia dan pengeroposan tulang bisa diatasi dengan mengonsumsi buah durian. Selain itu buah beraroma kuat itu juga bermanfaat mencegah kanker dan menyehatkan sistem pencernaan.

Ternyata bukan hanya daging buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Bagian buah lainnya, seperti biji durian ternyata juga memiliki banyak manfaat.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji durian bagi kesehatan?

Biji durian diketahui memiliki kandungan serat alami yang cukup tinggi. Itulah sebabnya biji durian sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi biji durian diyakini bisa mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Biji durian juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya biji durian kaya akan kandungan fosfor dan kalsium yang dikenal sangat bermangaat untuk kesehatan tulang. Fosfor dan kalsium bisa mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu biji durian juga bisa menguatkan struktur tulang.

Biji durian dikenal memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Itulah sebabnya mengonsumsi biji durian bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperkuat otot. Seperti halnya yang terkandung dalam daging buah durian, protein yang terkandung dalam biji durian bisa mengikat kelebihan lemak. Sehingga membuat otot lebih kuat dan berenergi.

Biji durian juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Hal ini lantaran biji durian mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu biji durian juga memiliki kandungan vitamin C. Akibatnya biji durian bisa menghindarkan tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab beberapa penyakit, seperti kanker. Beberapa radikal bebas yang bisa diatasi dengan biji durian, seperti polusi udara, sinar matahari, dan asap rokok.

Biji durian juga memiliki kandungan pati atau karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat diketahui adalah zat yang bermanfaat untuk meningkatkan energi bagi tubuh. Mengonsumsi zat pati dari biji durian akan membuat tuuh kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat dari makanan yang lain.

Setelah mengetahui berbagai manfaat biji durian sudah selayaknya kita tidak membuangnya begitu saja. Namun sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi biji durian dalam kondisi mentah. Pasalnya biji durian mengandung asam lemak siklopropena yang membahayakan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, biji durian bisa di rebus dan dimakan sebagai camilan. Bisa juga mengolah atau memasak biji durian menjadi lauk dan dimakan bersama nasi.  

Bisa juga dengan membuatnya menjadi susu biji durian. Caranya, kupas biji durian hingga terlihat bagian berwarna putih. Selanjutnya rendam dalam air campuran kapur dan sirih selama sekitar 30 menit. Lalu rebus hingga lunak.

Lalu potong biji durian tersebut kecil-kecil dan blender hingga halus. Campurkan air saat diblender. Selanjutnya rebus kembali biji durian yang sudah halus hingga mendidih. Setelah dingin, saring dan masukkan dalam kemasan. Tambahkan gula atau madu untuk menambah rasa.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)