Jangan Buang Biji Buah Salak, Bisa Sembuhkan Asam Urat, Rematik, Hipertensi, dan Maag
berita

17 December 2019 16:55
Watyutink.com – Salak adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi. Rasanya yang manis agak asam cenderung segar membuat banyak orang menyukai buah dengan nama latin Salacca Zalacca. Meski kulitnya berwarna hitam bersisik tapi dagingnya justru berwarna putih.

Selain kulit dan daging, buah salah juga mempunyai biji berwarna coklat kehitaman. Saat makan salah, kita seringkali membuang bijinya. Padahal sebenarnya biji salak bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Biji salak bisa diolah menjadi obat yang ampuh menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji salak bagi kesehatan?

Para ahli kesehatan menyebut biji salak memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Dalam 100 gram biji salak terdapat 262 kilokalori (kkal) energi, 2,30 gram protein, 5,40 gram lemak, 51,1 dan gram karbohidrat. Selain itu tekandung pula delapan gram serat, 60 miligram kalsium, 80 miligram fisfir, 10 miligram natrium, dua miligram kalium, 0,8 miligram zat besi, dua miligram seng, dan 600 mikrogram tembaga.

Sedangkan kandungan vitamin dalam biji salah sebesar, 0,1 miligram vitamin B1, satu miligram vitamin B2, dan 10 miligram vitamin C. Itulah sebabnya mengonsumsi biji salak bisa mengatasi beberapa penyakit, salah satunya adalah asam urat. Mengonsumsi biji salah disebutkan sebagai salah satu alternatif menyembuhkan penyakit yang kerap menyebabkan nyeri di persendian ini. Selain itu biji salak juga bisa menyembuhkan penyakit rematik dan nyeri otot.

Senyawa dalam biji salak juga bermanfaat melancarkan peredaan darah. Seperti diketahui, aliran darah sengat berperan dalam mengedarkan nutrisi dan oksigen di seluruh tubuh. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi biji salak bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Saat aliran darah lancar, tekanannya pun menjadi lebih baik. Suplai oksigen yang cukup akan membuat tekanan darah menjadi normal. Itulah sebabnya mengonsumsi biji salak akan mengurangi risiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.  

Biji salak juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Itulah sebabnya biji salak bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Selain itu biji salak juga dapat mencegah penyakit lambung, seperti maag dan radang lambung. Nutrisi dalam biji salak diyakini akan membuat lambung lebih sehat dan nyaman.

Mengonsumsi biji salak juga bermanfaat meningkatkan masa otot. Pasalnya biji salah kaya akan kandungan protein dan zat lain yang bisa meningkatkan kinerja otot. Selain itu biji salak bisa membantu menyehatkan sistem syaraf.

Sedangkan kandungan karbohidrat dapat menambah tenaga. Itulah sebabnya biji salak bisa digunakan untuk mencukupi energi tubuh saat melakukan berbagai aktivitas. Dibandingkan mengonsumsi minuman penambah energi, biji salak diyakini lebih baik.

Biji salak juga bermanfaat meningkatkan konsentrasi. Pasalnya senyawa dalam biji salak dapat merangsang daya motorik otak. Selain itu mengonsumsi biji salak juga bisa menghindarkan diri dari stres dan depresi.

Untuk mendapatkan manfaat biji salak caranya cukup mudah. Ambil sekitar satu kilogram biji salak, pilih yang sudah tua. Cuci hingga bersih lalu keringkan. Selanjutnya, biji salak disangrai atau goreng tanpa minyak hingga benar-benar matang tapi jangan sampai gosong. Biarkan hingga dingin lalu tumbuk hingga menjadi bubuk atau serbuk.

Seduh bubuk biji salak dengan air panas layaknya kopi. Tambahkan gula atau madu untuk menambah rasa.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)