Jangan Buang Air Rebusan Jagung, Berkhasiat Cegah Kolesterol, Anemia, Sembelit, Sehatkan Jantung dan Kulit
berita
Ilustrasi/ Net
18 May 2021 08:00
Watyutink.com - Jagung adalah bahan makanan yang sangat dikenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai makanan pokok, jagung juga kerap disajikan sebagai camilan atau makanan ringan di acara-acara santai. Jagung bakar biasanya menjadi teman di acara kumpul-kumpul.

Selain dibakar, jagung juga kerap disajikan dengan cara direbus. Cara ini bahkan terasa lebih enak lantaran jagung yang semula keras menjadi lunak dan lebih mudah dimakan.

Biasanya saat merebus jagung, orang membuang begitu saja air bekas rebusannya.  Hal ini sebenarnya kurang tepat. Pasalnya air rebusan jagung sangat baik untuk kesehatan. Selain itu air rebusan jagung juga berguna untuk obat bagi berbagai penyakit.

Tahukah Anda, apa manfaat air rebusan jagung untuk kesehatan?

Pakar pengobatan herbal dr Prapti Utami mengatakan jagung mengandung senyawa flavonoid dan fenol. Selain itu terdapat pula 15 atom karbon yang juga terdapat dalam tumbuhan. Merebus jagung dan meminum airnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kandungan flavonoid dan fenol dalam jagung berguna mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Itulah sebabnya meminum air rebusan jagung bisa mencegah risiko penyakit jantung koroner.

Kandungan flavonoid dalam jagung juga berguna mengobati penyakit kolesterol. Pasalnya jagung mengandung karetonoid dan vitamin C yang berguna mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan nutrisi tersebut juga dapat meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi air rebusan jagung juga berguna mencegah anemia atau kurang darah lantaran memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Manfaat ini semakin baik lantaran jagung juga mengandung vitamin B dan folic acid yang mampu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Rutin minum air rebusan jagung juga bermanfaat memperlancar pencernaan. Kandungan nutrisi dalam jagung dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar serta menurunkan risiko kanker usus dan wasir.

Air rebusan jagung juga berguna bagi penderita gangguan ginjal. Minum air rebusan jagung bisa meluruhkan batu ginjal. Setelah batu ginjal luruh, hentikan konsumsi air rebusan jagung. Ganti dengan air rebusan daun kumis kucing dan meniran untuk membersihkan ginjal secara tuntas.

Air rebusan jagung juga mengandung antioksidan yang berguna menjaga kesehatan kulit. Rutin minum air rebusan jagung akan menjadikan  kulit tetap sehat, awet muda dan terhindar dari penuaan dini. Jagung juga mengandung Sun Protector Factor (SPF) yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan bonggol jagung berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sedangkan kandungan flavonoid dan fenol dalam bonggol jagung melindungi kulit dari sinar ultraviolet atau UV.

Jika anak Anda punya kebiasaan ngompol, air rebusan jagung bisa jadi solusinya. Minum satu cangkir air rebusan jagung sebelum tidur dan anak Anda tidak akan ngompol lagi.

Untuk mendapatkan manfaat jagung, caranya sangat mudah. Siapkan tiga buah jagung yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air hingga mendidih dan tersisa delapan gelas. Angkat dan saring air rebusan tersebut. Minum secara rutin air rebusan jagung tersebut.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF