Jangan Biarkan Telapak Kaki Pecah-pecah, Bisa Infeksi Jamur, Obati dengan Kulit Pisang
berita
Sumber Foto : istimewa
07 July 2021 16:20
Watyutink.com - Setiap orang pasti ingin mempunyai kulit yang sehat. Pasalnya kulit mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kulit berfungsi melindungi seluruh organ yang terdapat di tubuh bagian dalam.

Itulah sebabnya kesehatan kulit, di bagian tubuh mana pun wajib dijaga. Tak terkecuali kulit di telapak laki. Bagian tubuh paling bawah ini sangat mudah rusak karena digunakan untuk berjalan setiap hari.

Kerusakan yang sering terjadi adalah kulit telapak kaki pecah-pecah. Namun seringkali orang mengabaikan kondisi ini. Pasalnya kulit telapak kaki sering tidak terlihat lantaran tertutup sepatu. Padahal telak kaki pecah-pecah tidak bisa dianggap sepele. Jika dibiarkan, telapak kaki pecah-pecah bisa  menjadi lebih parah dan berakibat fatal.

Tahukah Anda, bagaimana mengatasi kulit telapak kaki pecah-pecah?

Praktisi kesehatan kulit, dr Nindita Hapsari Susanti, SpKK mengatakan salah satu penyebab kulit telapak kaki rusak adalah  gatal, kering, dan pecah-pecah. Lama kelamaan jika dibiarkan bisa mengelupas dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini biasanya disebabkan infeksi jamur pada kaki atau disebut juga athlete's foot.

Pada dasarnya, menurut dr Nindita jamur bisa menginfeksi bagian tubuh manapun, terutama yang sering lembab atau basah. Dr Nindita menambahkan untuk menghindari infeksi jamur, kaki harus selalu kering dan jangan biasakan mengenakan sepatu basah. Selain itu pilih sepatu yang bisa membuat kulit kaki 'bernafas.'

Namun jika sudah terlanjur mengalami kerusakan sampai pecah-pecah, kukitt telapak kaki harus diobati. Bukan hanya menggunakan obat-obatan atau perawatan medis, telapak kaki pecah-pecah juga bisa diobati dengan memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal.

Praktisi kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan telapak kaki pecah-pecah bisa diatasi menggunakan kulit pisang. Pasalnya kulit pisang mengandung vitamin C, E, kalium, seng, zar besi dan mangan. Selain itu kulit pisang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang berguna menjaga kesehatan kulit.

Dalam unggahan di akun instagramnya, penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini membagikan resep mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Caranya, siapkan beberapa kulit pisang, haluskan sampai menjadi pasta.

Sebelumnya bersihkan telapak kaki menggunakan air hangat, lalu keringkan. Oleskan kulit pisang yang sudah dihaluskan pada bagian telapak kaki yang pecah-pecah. Oleskan sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Selanjutnya bilas dan rendam telapak kaki selama 10 menit. Angkat kaki lalu keringkan. Lakukan 2 kali sepekan untuk mendapat hasil yang maksimal. Untuk menjaga kelembapan kaki, jangan lupa selalu memakai body cream.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF