Jangan Anggap Sepele, Senyum Bermanfaat Bagi Kesehatan
berita
Sumber Foto : Liputan6.com
11 October 2019 09:40
Watyutink.com – Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk selalu menebar senyum. Hal ini diperkuat dengan beberapa dalil yang menunjukan betapa berartinya sebuah senyuman dalam kehidupan. Sayangnya, di era modern seperti saat ini kebanyakan orang mulai pelit menebar senyum. Sifat individualis tampak lebih dominan dalam kehidupan masyarakat. Meskipun terlihat sepele, ternyata senyum sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda manfaat senyum bagi kesehatan?

Senyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tersenyum membuat tubuh seseorang lebih santai dan dapat mengurangi kadar stress. Proses ini akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik sehingga tubuh mampu memproduksi lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Baca Juga

Siapa sangka, ternyata tersenyum membuat jantung lebih sehat. Senyum secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memperbaiki fungsi pembuluh darah. Hal ini dapat menurunkan resiko serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Tersenyumlah ketika Anda merasa sakit. Ketika senyum tubuh melepaskan hormon endorphin dan serotonin yang terkenal sebagai hormon kebahagiaan. Degan begitu persepsi Andaa tentang rasa sakit akan berkurang.

Seyum menyehatkan paru-paru. Saat tersenyum dan tertawa, paru-paru akan mengembang dan terisi oksigen. Otomatis aliran oksigen masuk ke dalam paru-paru lebih banyak dan lancar. Proses ini mirip dengan gerakan yoga untuk menghilangkan stress. Paru-paru akan memompa darah yang kaya akan oksigen sehingga paru-paru lebih bersih dan sehat.

Ingin terlihat awet muda, maka tersenyumlah. Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda.

Sudahkan Anda tersenyum hari ini?

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif