Jangan Anggap Sepele Penyakit Muntaber, Obati dengan Daun Singkong dan Daun Salam
berita
Sumber Foto : halodoc.com
05 November 2020 16:55
Watyutink.com – Salah satu penyakit yang kerap diderita orang Indonesia adalah muntaber. Orang kerap mengartikan muntaber sebagai muntah dan berak. Pasalnya penderita muntaber akan mengalami gejala sering muntah dan buang air besar. Penyakit ini tidak bisa dipandang sepele meski banyak orang menganggap muntaber sebagai penyakit kampung. Jika tidak segera ditangani muntaber bisa berakibat fatal.

Itulah sebabnya penderita muntaber harus segera melakukan pengobatan guna menyembukannya. Namun jangan terburu-buru mengonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Pasalnya muntaber bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini dirasa lebih baik lantaran obat alami atau herbal bebas dari campuran bahan-bahan kimia.

Tahukah Anda, apa bahan alami untuk mengobati muntaber?

Muntaber adalah penyakit yang sangat berbahaya. Orang yang terkena muntaber akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi muntah dan biar air besar (BAB) berkali-kali membuat jumlah cairan dalam tubuh menurun drastis dalam waktu singkat. Padahal tubuh sangat membutuhkan cairan. Itulah sebabnya muntaber jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal.

Muntaber juga bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga lansia atau orang lanjut usia. Penyakit ini juga bisa dipicu oleh berbagai penyebab, seperti virus, bakteri atau parasit. Meski selama ini makanan menjadi faktor utama yang menyebabkan muntaber. Terutama makanan yang sulit dicerna oleh anak-anak dan lansia.

Makanan yang tidak bersih seringkali menjadi penyebab utama muntaber. Itulah sebabnya menjaga kebersihan makanan, baik proses memasak maupun penyajiannya. Selain itu kebersiahan diri juga wajib dijaga, seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun, terutama saat hendak makan, sesudah bermain atau beraktivitas lainnya dan terutama setelah dari toilet.

Orang yang terserang muntaber biasanya juga mengalami gejala, nafsu makan turun yang menyebabkan berat badan turun drastis. Selain itu penderita jarang buang air kecil dan urine atau air seninya berwarna lebih gelap. Saat terserang muntaber, jantung berdetak lebih cepat dan mulut menjadi kering. Orang yang terkena muntaber jadi terlihat lemas dan jika dibiarkan bisa menyebabkan penurunan kesadaran sampai pingsan.

Itulah sebabnya orang yang terserang muntaber harus segera mendapat penanganan. Namun jangan terburu-buru menggunakan obat-obatan kimia. Para ahli kesehatan herbal menyarankan muntaber disembuhkan menggunakan obat alami. Salah satunya menggunakan daun salam. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan caranya adalah, ambil daun salam, cuci besih lalu remas-remas. Rebus dengan air sebanyak 300 cc atau setara dengan satu seperempat gelas ukuran sedang. Biarkan sampai mendidih dan tersisa 200 cc atau satu gelas. Minum air rebusan itu tiga kali sehari.

Zaidul menambahkan, muntaber juga bisa diatasi dengan daun singkong. Caranya olah daun singkong menjadi lalapan. Makan bersama sepiring kecil singkong rebus, jangan dengan nasi putih. Lakukan dua kali sehari.

Penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini juga menyarankan penderita muntaber mengonsumsi daun jambu biji. Rebus tujuh lembar daun jambu biji dengan 300 cc air. Setelah mendidih angkat, saring. Minum air rebusan daun jambu biji tiga kali sehari.

Muntaber juga bisa diatasi dengan minum cairan oralit empat kali sehari. Namun sangat tidak dianjurkan konsumsi makanan atau minuman manis, seperti jus, buah, roti, dan sejenisnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF