Jangan Anggap Sepele Daun Labu Siam
berita

21 June 2019 15:30
Watyutink.com - Labu siam, salah satu jenis sayur yang tidak asing lagi ditelinga kita. Sayur ini sering dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, ternyata tidak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, daunnya pun juga memiliki manfaat. 

Tahukah Anda manfaat daun labu siam untuk kesehatan?

Daun labu siam yang dapat dikunsumsi adalah bagian pucuknya. Daun labu siam memiliki rasa yang tidak pahit. Menurut penelitian kandungan nutrisi pada daun labu siam antara lain protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, hingga vitamin C. Mengkonsusmsi 250gr daun labu siam mampu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam sehari, bahkan ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun ini. 

Seseorang yang mengkonsumsi daun ini akan mudah buang air kecil. Hal ini disebabkan daun ini mengandung zat yang bersifat diuretik yang bermanfaat untuk membuang kelebihan garam dan air dari tubuh melalui urine. Selain itu, zat besi yang terkandung dalam daun ini mampu mengatasi penyakit anemia dan insomia. Jumlah sel darah merah yang tepat menyebabkan fluktuasi tekanan darah semakin baik. 

Kandungan kalsium dalam daun labu siam mampu melindungi otot jantung, sehingga otot jantung berkontraksi dan lebih rileks. Otot jantung yang berkontaksi dan rileks membantu sistem saraf untuk mempertahankan tekanan yang tepat pada arteri. Selain bagus untuk otot jantung, kalsium juga bagus untuk mengurangi premenstrual depresi, dengan cara mengeluarkan hormon estrogen yang bertanggung jawab atas perubahan suasana hati.  

Kandungan vitamin A dan C dalam daun labu siam bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih. Tidak hanya mencegah kuman masuk kedalam tubuh, tapi juga mampu melawan infeksi kuman yang sudah masuk ke dalam tubuh. Kandungan mineral dan serat yang terkandung dalam daun ini mampu mengurangi resiko adenoma, tumor non maligna, hingga kanker usus kolon.

Selain bagus untuk kesehatan, daun labu siam juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan vitaminnya mampu mengontrol produksi sebun pada wajah, sehingga meminimalisisir munculnya jerawat. Selain itu juga mampu meningkatkan kesehatan dan vitalitas seluruh permukaan kulit, sehingga membuat awet muda. 

Mau awet muda dan sehat terus, jangan lupa masukan daun labu siam dalam menu favorit mu. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?