Jangan Anggap Remeh Darah Rendah, Sembuhkan dengan Tomat, Wortel, Seledri, dan Bayam
berita
Ilustrasi/ Net
17 March 2021 16:53
Watyutink.com – Selama ini orang lebih mengenal penyakit darah tinggi. Penyakit yang juga bernama hipertensi ini sangat dihindari. Berbagai cara dilakukan agar terhindar dari darah tinggi. Bagi yang sudah mengidapnya, selalu berusaha mengontrol tekanan darah agar tidak melampaui batas. Pasalnya jika tekanan darah terlalu tinggi dan melampaui batas, bisa berisiko fatal bahkan berujung kematian.

Namun ternyata penyakit yang terkait dengan tekanan darah bukan hanya hipertensi. Ada juga gangguan kesehatan yang bernama darah rendah. Sayangnya penyakit yang juga bernama  hipotensi ini masih jarang yang mengetahuinya. Meski tidak ‘sesadis’ darah tinggi, hipotensi tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya darah rendah bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang dipastikan bakal mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tidak segera ditangani, darah rendah bisa semakin parah.

Tahukah Anda, apa itu penyakit tekanan darah rendah dan bagaiman cara mengatasinya?

Tekanan darah normal orang dewasa adalah antara 90/60 hingga 120/80 milimeter merkuri (mmHg). Di atas tekanan tersebut, seseorang  seseorang sudah masuk dalam kondisi darah tinggi atau hipertensi. Sebaliknya jika di bawah tekanan tersebut seseorang dikatakan menderita darah rendah.

Darah rendah bisa disebabkan berbagai hal, seperti kehamilan, gangguan jantung, dan dehidrasi. Selain itu beberapa penyakit seperti, diabetes dan tiroid juga bisa memicu darah rendah.  Kehilangan darah akibat cedera juga bisa menyebabkan hipotensi. Selain itu infeksi dan alergi juga bisa menyebabkan darah rendah. Diet yang terlalu ketat juga bisa berakibat darah rendah.

Meski tidak berbahaya, hipotensi tidak bisa dianggap sepele. Terlabih penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Saat kambuh darah rendah akan menyebabkan pusing, lemas, dehidrasi, dan nafas pendek. Saat gejala ini terjadi, dipastikan semua aktivitas baik bekerja, belajar, atau kegiatan lainnya bakal terhenti.

Itulah sebabnya darah rendah sebisa mungkin dicegah. Caranya dengan menjaga pola makan. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan darah rendah bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung natrium dan sodium. Melalui unggahan di akun  media sosialnya, dr Zaidul Akbar, dokter yang juga penghafal Al Quran ini menjelaskan buah dan sayur secara alami mengandung natrium, meski jumlahnya kecil. Selain itu buah dan sayur mengandung banyak air yang bisa membantu mengatasi dehidrasi, yakni kondisi saat tubuh mengalami kekurangan cairan. Dehidrasi inilah yang menurut dr Zaidul bisa menyebabkan tekanan darah semakin menurun.

Penulis buku Jurus Sehar Rasulullah (JSR) ini menyebut beberapa buah dan sayur bisa dikonsumsi guna meningkatkan tekanan darah sekaligus mencegah darah rendah. Buah tersebut antara lain, tomat. Buah yang sering dianggap sayur ini mampu mengontrol tekanan darah. Hal ini lantaran tomat banyak mengandung air. Selain itu buah berwarna merah ini mengandung beragam nutrisi seperti, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, kalsium, likopen, dan beta karoten.

Wortel juga berguna mengatasi darah rendah. Pasalnya worter mengandung 70 miligram natrium per 100 gram. Selain itu buah berwarna oranye ini mengandung 87 persen air. Itulah sebabnya mengonsumsi wortel berguna menjaga tekanan darah tetap normal.

Sayur seledri  diketahui kaya akan kandungan natrium. Itulah sebabnya seledri sangat baik dikonsumsi untuk mecegah darah rendah. Daun seledri memiliki kandungan natrium sebanyak 96 miligram per 100 gram. Sedangkan batangnya mengandung 75 miligram per 100 gram. Seledri juga kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan folat. Namun kandungan terbesar seledri adalah air yang mencapai 95 persen.

Bayam adalah sayuran selanjutnya yang berguna mengatasi darah rendah. Di dalam sayur bayam terdapat 4 miligram per 100 gram natrium. Meski tergolong kecil, natrium dalam sayur bayam sangat berguna mengatasi hipotensi. Terlebih sayur yang populer akibat film kartun ‘Popeye The Sailor’ ini  sangat kaya kandungan air, yakni mencapai 92 persen. Itulah sebabnya bayam sangat baik digunakan untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Bayam juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti lutein, serat, asam folat, dan vitamin E. Bayam juga mempunyai kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan kerusakan sel.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI