Jangan Anggap Enteng Sembelit, Sembuhkan dengan Jahe, Kunyit dan Lengkuas
berita

11 October 2020 16:40
Watyutink.com - Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami dialami orang adalah sembelit atau susah buang air besar. Sembelit bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kita tidak bisa nyaman bekarja, belajar atau melakukan aktivitas lainnya saat kotoran di perut belum dikeluarkan. Kita juga tidak bisa makan enak lantaran perus masih terasa penuh.

Bukan hanya tidak nyaman, sembelit juga berbahaya. Jika tidak segera diobati, sembelit bisa berakibat fatal seperti komplikasi bahkan kanker. Itulah sebabnya sembelit harus segera disembuhkan.

Umumnya penderita sembelit langsung menggunakan obat-obatan kimia buatan pabrik. Pasalnya obat-obatan tersebut bisa dengan mudah dibeli di apotek atau toko obat. Padahal sejatinya sembelit bisa disembuhkan menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami atau herbal lebih murah dan bisa diperoleh dengan mudah.

Tahukah Anda, apa bahan alami untuk mengobati sembelit?

Sembelit atau susah buang air besar bisa dialami oleh siapa saja. Gangguan kesehatan ini sangat terkait dengan pola makan dan gaya hidup. Orang yang jarang bergerak dan berolahraga sangat rentan terserang sembelit.

Susah buang air besar juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti kehamilan, efek samping obat-obatan, stres, riwayat operasi saluran cerna, atau penyakit tertentu.

Dokter ahli penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Prof. DR. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP mengatakan dalam kondisi normal orang akan buang air besar (BAB) setidaknya tiga kali dalam sepekan. Jika kurang dari itu, seseorang bisa dikatakan mengalami sembelit.

Gejala yang dirasakan biasanya adalah sakit perut dan perut kembung. Tinja atau kotoran menjadi keras sehingga saat buang air besar penderita sembelit perlu mengejan. Penderita juga kerap merasa tidak tuntas setelah BAB.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) ini menuturkan jika tidak segera diatasi sembelit bisa berbahaya.  Kotoran akan membentuk kerak di dinding usus dan bersifat racun. Hal ini berisiko menyebabkan peradangan dan komplikasi seperti polyps, dyspepsia, diverticulosis atau kantung di usus, ambeien, bahkan kanker.

Itulah sebabnya sembelit perlu segera diobati. Tidak hanya menggunakan obat-obatan kimiawi, sembelit juga bisa disembuhkan menggunakan bahan alami atau herbal. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan bahan alami yang berguna mengatasi sembelit adalah kunyit, jahe, dan lengkuas.

Melalui akun instagramnya, penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini berbagi resep mengatasi sembelit. Siapkan bahan-bahan berupa, kunyit sebesar kelingking orang dewasa, jahe dan lengkuas masing-masing sebasar ibu jari, serta sebatang sereh. Sediakan pula sebutir jeruk nipis atau lemon, dan tiga atau lima butir kurma yang sudah dibuang bijinya.

Blender semua bahan itu kecuali jeruk nipis dengan 300 mililiter air. Jika sudah halus tambahkan air perasan jeruk nipis, aduk sampai tercampur merata. Minum sebelum makan. Lakukan secara rutin sampai sembelit sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF