Jamu Sinom, Minuman Tradisional yang Bisa Sehatkan Pencernaan, Cegah Diebetes dan Hipertensi
berita
Jamu Sinom
21 August 2020 06:00
Watytutink.com – Khasiat jamu sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih jamu dibuat dari bahan-bahan alami yang bebas kandungan kimia. Hal itulah yang membuat jamu sangat digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski diakui, ada pula orang yang tidak suka minum jamu. Biasanya hal itu lantaran takut dengan rasa jamu yang pahit.

Namun tidak semua jamu berasa pahit. Ada banyak jamu yang justru memiliki rasa manis dan segar. Salah satunya adalah jamu sinom. Ramuan herbal ini sudah banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Selain itu jamu sinom juga bermanfaat mencegah kita terserang penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat jamu sinom bagi kesehatan?

Sinom adalah jamu atau minuman tradisional yang terbuat dari daun asam jawa. Selain asam jawa, jamu sinom juga terbuat dari campuran bahan alami lainnya seperti kunyit dan rempah-rempah lainnya. Itulah sebabnya jamu sinom memiliki rasa manis dan asam yang sangat nikmat.

Sinom terasa lebih nikmat jika diminum dalam kondisi dingin. Beberpa orang bahkan mengolahnya menjadi es sinom. Selain nikmat, sinom memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai antiseptik alami. Itulah sebabnya minuman ini bisa digunakan utuk mengatasi demam dan meriang.

Selain itu sinom juga berkhasiat menyehatkan pencernaan. Rutin mengonsumsi jamu sinom dipercaya mencegah tubuh, terutama perut dari gangguan kesehatan seperti sembelit dan mual. Namun disarankan saat meminumnya, jamu sinom tidak dicampur gula. Kalau pun terpaksa, berikan gula dengan takaran sedikit saja.

Jamu sinom juga dapat digunakan untuk mengatasi masuk angin yang kerap disertai kondisi perut begah, mual, dan pusing.

Sinom juga diketahui memiliki kandungan flavonoid yang memiliki manfaat sebagai antiradang. Itulah sebabnya jamu sinom dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, peradangan nyeri sendi serta menyembuhkan batuk dan demam.

Sinom juga dikenal sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal efek negatif dari radikal bebas. Bagi orang yang memiliki jadwal dan kesibukan yang padat, rutin minum jamu sinom diyakini dapat mencegah tubuh dari serangan bermacam penyakit.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF