Jaga Tubuh Bugar, Ikuti Pola dan Cara Makan ala Rasul
berita

26 October 2019 12:42
Watyutink.com –  Memiliki tubuh sehat impian semua orang. Kita bisa mencontoh pola makan sehat dari siapa saja, salah satunya dari Nabi Muhammad SAW. Beliau diketahui mempunyai tubuh yang bugar dan jarang sakit. Semua itu sebagai hasil dari pola dan adab makan yang baik dan benar.

Tahukah Anda pola dan adab makan yang baik dan benar yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW?

Berikut rahasianya:

1. Membaca Doa

Nabi Muhammad SAW selalu mendahului membaca doa sebelum menyantap makanan agar setan tak ikut masuk dalam makanan. Beliau bersabda: “Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya.”

2. Tidak Makan Sambil Bersandar

Pola makan lain yang patut dicontoh dari Nabi Muhammad SAW adalah tidak makan sambil bersandar. Sabdanya: “Adapun saya tidak suka makan sambil bersandar.”

3. Makan dari Pinggir

Nabi Muhammad SAW juga terbiasa menghabiskan makanan dari pinggir ke tengah.  Nabi bersabda: “Barokah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulailah makan dari pinggir  dan jangan memulai dari tengah.”

4. Pakai Tangan Kanan

Rasulullah selalu menggunakan tangan kanan saat makan.  Beliau bersabda: “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula.

5. Menjilat Tangan

Setelah makan, Nabi Muhammad SAW menjilat tangan sebelum mencuci atau mengelapnya. Beliau bersabda: “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah.

6. Tidak Menjatuhkan Makanan

Rasulullah tidak membiarkan mengkonsumsi makanan yang jatuh. Makanan yang jatuh dapat membawa bakteri jika  dikonsumsi. Beliau bersabda: “Apabila suapan makanan salah seorang di antara kalian jatuh, ambilah kembali lalu buang bagian yang kotor dan makanlah bagian yang bersih. Jangan biarkan suapan tersebut dimakan setan.”

Selamat mencoba!

(msw)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah