Jadi Sarang Tungau, Empat Tempat Ini Wajib Sering Dibersihkan
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
17 September 2019 16:00
Watyutink.com – Tungau adalah hewan mikroskopik (hanya bisa dilihat melalui mikroskop) yang termasuk golongan laba-laba (jadi bukan kutu, ya). Hewan ini biasa bersarang di tempat yang lembab dan hangat seperti kasur. Tidak hanya kasur, ternyata tungau juga bersarang di tempat-tempat yang jarang disentuh.

Tahukan Anda, empat tempat yang biasa dijadikan sarang tungau?

Pada dasarnya tungau memperoleh makanan dari serpihan kulit manusia yang mengelupas saat tidur. Jika menggigit kulit, tungau dapat menimbulkan masalah kulit seperti gatal-gatal dan ruam. Keberadaan tungau sendiri memicu alergi, bahkan dapat menyebabkan sesak nafas bagi penderita asma.  

Baca Juga

Selain kasur, tungau sering bersarang di rak buku maupun di buku yang disimpan. Tepatnya di sudut-sudut rak buku, buku dengan hard cover, atau buku dengan cover kain. Untuk membasminya dilakukan dengan cara mengeluarkan semua buku, sembari dicek satu persatu apakah ada tungau atau tidak, dan bagian sudut rak buku dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi yang telah diberi insektisida.

Lemari pakaian menjadi salah satu tempat favorit bagi tungau. Bagian dalamnya yang gelap serta terdapat baju-baju yang lembut membuat tungau betah bersarang di sana. Untuk mengatasinya dilakukan dengan cara mencuci semua baju dalam almari tersebut, dan membersihkan sudut-sudut almari menggunakan sikat gigi yang telah diberi insektisida.

Tungau sering bersarang di soft furniture seperti sofa. Selain lembut, bagian sudut-sudut sofa yang jarang dibersihkan menjadi tempat favorit untuk bersarang. Untuk mengusirnya, dapat dilakukan dengan bantuan vacum cleaner. Sofa dapat dibersihkan paling lama enam bulan sekali.

Beberapa laci dari furniture seperti kabinet atau kitchen set sering dijadikan tempat bersarang tungau. Letaknya yang sempit serta jarang tersentuh membuatnya menjadi sasaran empuk untuk bersarang. Untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan isi laci, dan dibersihkan sampai tungau benar pergi. Sedangkan bagian sudut laci dapat dibersihkan dengan sikat gigi yang telah diberi insektisida.

Jangan malas bersih-bersih, ya.

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas