Insomnia Dapat Turunkan Kekebalan Tubuh, Atasi dengan Lavender, Susu, dan Teh Chamomile
berita

14 October 2020 06:00
Watyutink.com - Salah satu kunci menghindari penularan penyakit adalah sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem imun yang kuat akan menjadi benteng bagi tubuh dari paparan penyakit akibat virus atau bakteri.

Salah satu kunci memperkuat sistem imun adalah cukup istirahat. Terlebih disaat pandemi virus corona seperti saat ini, tidur dengan cukup sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh. Disamping juga mengonsusmsi makanan bergizi.

Namun bagi sebagian orang tidur dengan cukup dan nyenyak bukan perkara mudah. Bagi penderita insomnia, tidur nyenyak adalah sesuatu yang mahal. Seringkali penderita insomnia harus mengonsumsi obat-obatan kimia agar bisa tidur. Padahal sebenarnya ada bahan alami yang berguna membuat tidur lebih mudah.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang membuat tidur jadi gampang?

Kurang tidur diyakini dapat menurunkan imunitas atau kekebalan tubuh. Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar tujuh atau delapan jam sehari. Sedangkan anak dan remaja membutuhkan waktu tidur sembilan hingga 10 jam sehari.

Kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Kurang tidur juga bisa menimbulkan stress yang berpengaruh terhadap penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Untuk bisa tidur dengan nyenyak sebaiknya jangan buru-buru menggunakan obat kimia. Sebaiknya coba dulu bahan alami atau herbal yang lebih aman. Salah satunya adalah teh chamomile. Teh ini sering disebut sebagai obat penenang jenis ringan.

Teh chamomile diakui efektif mengobati insomnia. Pasalnya teh ini memiliki kandungan apigenin, antioksidan yang dapat mengurangi kecemasan dan membantu tubuh terlelap dengan mudah. Minum teh chamomile sebelum tidur bisa memastikan Anda beristirahat sepanjang malam. 

Lavender juga ampuh digunakan untuk mengatasi insomnia. Pasalnya lavender memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan zat besi yang bisa mengurangi kecemasan, kelelahan, dan kegelisahan. Sebagai obat insomnia alami, lavender membantu menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan. Akibatnya Anda bisa tertidur lebih cepat dan optimal.

Campurkan bunga lavender dalam air hangat dan gunakan untuk mandi sebelum tidur. Minyak bunga lavender juga bisa dicampurkan dalam makanan atau teh

Minum susu hangat ditambah madu juga bisa menjadi obat susah tidur. Susu diketahui mengandung triptofan yang berubah menjadi hormon serotonin. Hormon inilah yang berfungsi sebagai obat penenang alami dan membantu mempercepat tidur.

Sedangkan madu bermanfaat membawa serotonin ke otak lebih cepat. Itulah sebabnya minum susu hangat ditambah madu sebelum tidur akan membuat tidur lebih cepat

Pisang dan almond juga bisa menjadi camilan alternatif untuk mempercepat tidur.  Almond dan pisang mengandung banyak triptofan dan magnesium yang mempermudah tidur. Pisang juga mengandung potassium yang sangat bermanfaat relaksasi otot.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF